Musrenbang Kelurahan Nantal di Manggarai Barat Sepakat Kembangkan UMKM

redaksi - Jumat, 26 Maret 2021 21:26
Musrenbang Kelurahan Nantal  di Manggarai Barat Sepakat Kembangkan UMKMMusrenbang Kel Nantal (sumber: null)

KUWUS (Floresku.com) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan  Nantal Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sepakat memprioritaskan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM). Kesepakatan itu dicapai dalam Murenbang yang dilaksanakan di Aula kantor Lurah Nantal, Kamis (25/3).

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Forkopincam Kecamatan Kuwus, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan warga masyarakat.

Menurut Lurah Natal Patris Parus pengembangan UMKM akan  dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan. 

"Pertama, adalah kegiatan pelatihan yang dibiayai dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan Kelurahan Nantal tahun 2022. Selain itu,  akan dilakukan pula kegiatan pembangunan sarana prasarana berupa pembangunan lapisan penetrasi (lapen) di Dusun Golowelu," kata Lurah Nantal Patris Parus. 

Lurah Patris menambahkan, selain pengembangan UMKM, usulan pembangunan yang di sampaikan melalui Musrenbang Kecamatan Kuwus tahun 2022 adalah rehabilitasi air minum bersih di Dusun Satarara,  pembangunan telford jalan tani, pengadaan lampu penerangan jalan, pengaspalan jalan di lingkungan Golowelu dan Satarara serta pem-bukaan jalan baru di Golowelu.

Menurut Lurah Patris, selain kegiatan pembangunan yang dibiayai DAU, ada pula  kegi-atan yang dilaksanakan melalui swadaya masyarakat yaitu kegiatan lanjutan penggalian jalan menuju lokasi wisata Sunsa Durang,  pembersihan got pada ruas jalan kabupaten dan lingkungan di Golowelu dan Satarara, penggalian jalan baru di Golowelu, serta pembersihan Taman Pemakaman Umum (TPU) Golowelu.

Sementara itu, Sekretaris Camat Kuwus Gabriel Bagung yang hadir dalam kegiatan ter-sebut meminta kepada peserta musyawarah untuk sama-sama melahirkan gagasan yang manfaatnya dirasakan oleh semua masyarakat Kelurahan Nantal.

"Mari kita bangun komunikasi dengan semua stake holder baik yang di kabupaten mau-pun provinsi, sesuai peran kita agar usulan atau perencanan itu bisa terwujud," kata Gabriel Bagung.

Sekcam Gabriel Bagung juga menyampaikan apresiasi kepada Lurah Nantal dan masyarakatnya yang taat protokol kesehatan, sehingga Kelurahan Nantal tidak terpapar Covid-19. (IP/TARI) 

RELATED NEWS