Nanga Lok, ‘Surga Tersembunyi’ di Matim yang Perlu Ditata Agar Semakin Memikat 'Makhluk Bumi'

redaksi - Kamis, 03 Agustus 2023 10:06
Nanga Lok, ‘Surga Tersembunyi’ di Matim yang Perlu Ditata Agar Semakin Memikat 'Makhluk Bumi'Pantai Nanga Lok (sumber: Istimewa)

BORONG (Floresku.com) - Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT memiliki banyak objek wisata pantai yang indah. 

Salah satu pantai di Manggarai Timur yang sangat indah adalah pantai Nanga Lok.

Pantai ini berada di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, pesisisr utara Kabupaten Manggarai Timur.

Pantai Nanga Lok dapat dinobatkan sebagai teluk yang masih perawan dalam balutan hutan bakau dan bukit sabana yang membentang luas.

Lary Kota dan Gun, dua karyawan Kopdit KSP  Pintu Air Kisol yang rutin menjelajahi wilayah Pota hingga Elar bersaksi bahwa pantai di wilayah utara Kabupaten Manggarai Timur sangat indah, termasuk pantai Teluk Nanga Lok.

‘Airnya tenang dan bersih,” ujar Lary kepada media ini, Kamis, 3 Agustus 2023.

Menurut dia, meski berada di wilayah Manggarai Timur, pantai ini lebih mudah dijangkau dari dari Mbay, Nagekeo. 

‘Waktu tempuh dari Mbay jauh lebih singkat daripada dari Borong, ibukota Manggarai Timur,” ujarnya. 

Menurut Google Maps, Teluk Nanga Lok dapat dijangkau lewat perjalanan darat dari dari Borong sekitar 3 jam dan 52 menit, dari Ruteng sekitar 3 jam dan 32 menit, dari Mbay, Nagekeo  2 jam dan 1 menit, sedangkan dari  Labuan Bajo sekitar 6 jam dan 48 menit.

Lary menambahkan, kondisi jalan menuju Pantai Nanga Lok sudah sangat bagus. 

Salah satu kelemahannya adalah pantai utara, termasuk di Nanga Lok, hawanya sangat panas.

“Pada musim kemarau, sangat panas. Oleh karena itu perlu fasilitas pendukung agar para pengunjung dapat menikmati keindahan alam secara leluasa,” ujarnya.

Anugerah API, Kategori Surga Tersembunyi

Teluk  Nanga Lok ditetapkan sebagai salah satu pemenang pada Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori Surga Tersembunyi, tahun 2022 lalu.

Penghargaan atas Anugerah Pesona Indonesia itu diterima langsung oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum yang berlangsung di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat, 25 November 2022.

Nanga Lok bersama  9 obyek wisata lainnya dari seluruh Indonesia ditetapkan sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia kategori Surga Tersembunyi pada bulan April 2022. 

Keputusan ini dikeluarkan oleh  Komite Seleksi Anugerah Pesona Indonesia sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata baru dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. 

API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri/swasta maupaun Pemerintahan-Pemerintahan Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah. 

Pengembangan pariwisata sendiri merupakan salah satu kegiatan yang menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur.

Hal ini telah dimulai dengan melaksanakan acara-acara pemerintahan di lokasi wisata yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan secara bergilir. 

Pelantikan para pejabat pada Lingkup Pemda Matim juga dilaksanakan di obyek-obyek wisata. 

Nanga Lok menjadi lokasi dilaksnakannya pelantikan Camat Sambi Rampas pada 3 Oktober 2021.

Perlu dibangun fasilitas pendukung

Nanga Lok sebagai ‘Surga Tersembunyi’ perlu ditata dan ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti Resort, Lopo atau rumah payung agar para pengunjung hanya berteduh di bawah pohon, warung makan, termasuk fasilitas toilet, pemandian air tawar dan tempat berganti pakaian. 

Tanpa fasilitas pendukung yang memadai, Nanga Lok hanya akan menjadi surga yang nyata  bagi ‘makhluk rohaniah’, dan ‘tetap tersembunyi’ bagi para wisatawan yang datang dari pelbagai penjuru bumi.

Jadi, Nanga Lok mesti segera ditata agar benar-benar menjadi ‘surga’ yang mampu memikat ‘makhluk bumi’ alias para wisawatan.***

RELATED NEWS