OPINI: Memberdayakan Masyarakat Membangun Desa Wisata

redaksi - Senin, 11 Desember 2023 19:34
OPINI: Memberdayakan Masyarakat Membangun Desa WisataElvis Gadi Kapo (sumber: Dokpri)

Oleh : Elvis Gadi Kapo

PEMBERDAYAAN  masyarakat adalah  salah satu upaya yang dilakukan untuk 
memfasilitasi, dan memediasi agar terjadi sebuah perubahan dalam konteks sosial, 
budaya masyarakat. 

Dalam konteks kebudayaan,  pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui pengembangan kesenian tradisional.  Tujuannya adalah untuk melestarikan kebudayaan daerah sebagai identitas  masyarakat. 

Salah satu strategi pencapaian program desa membangun yakni  pengembangan dan penerapan inovasi dan teknologi yang berguna secara langsung pada masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan penanganan sosial, budaya dan kesehatan sebagai penerapan program desa membangun dalam pencapaian termasuk diantaranya desa tanggap budaya.

Perlu dipahami juga bahwa budaya menjadi salah satu unsur yang penting 
di dalam membangun desa, sebab kebudayaan menjadi penciri atau identitas suatu  bangsa. Partisipasi masyarakat adalah syarat mutlak dalam perumusan rencana dan  upaya pemajuan kebudayaan nasional, yang terwujud dalam empat langkah  strategis yakni :  pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan, sehingga konsep pengembangan yang ditawarkan dalam hal ini adalah membantu  upaya pembangunan desa dibidang kebudayaan lebih difokuskan terhadap seni budaya daerah.

Berdasarkan hal di atas, maka pemberdayaan seni budaya melalui sanggar-sanggar yang ada di daerah sangatah penting untuk dikembangkan sebagai wujud  dari bentuk pelestarian seni budaya. 

Begitupun sebaliknya jika keadaan di daerah   belum memiliki sanggar maka akan dilakukan pembentukan kelompok- kelompok belajar seni. 

Kelompok-kelompon tersebut diharapkan bisa memotivasi pembentukan  sanggar di daerah, sebagai tindakan konkrit dari keberlanjutan program kegiatan  pemberdayaan seni budaya yang berkualitas.***

 

RELATED NEWS