OSIS SMPN 3 Boawae dan SMP Seminari Mataloko, Bertukar Pengalaman

redaksi - Kamis, 23 Maret 2023 09:56
OSIS SMPN 3 Boawae dan SMP Seminari Mataloko, Bertukar PengalamanPara guru dan siswa SMPN 3 Boawae disambut para seminaris ddi halaman tengah SMP Seminari Santo Yohanes Berkhmans, Mataloko. (sumber: Nino Ngari)

MATALOKO (Floresku.com) - Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 3 Boawae mengadakan kunjunganke SMP Santo Yohanes. Berkhmans Mataloko, Sabtu (11/­02) lalu. 

Seusai sa­­­rapan pada Sabtu (11/02)  staf OSIS SMP Semi­nari me­nyi­apkan per­alatan yang dibutuhkan un­tuk menyambut ke­da­tangan rombongan OSIS SMP Negeri 3 Boawae. 

Rombongan OSIS SMP Negeri 3 Boawae  ti­ba pada pukul 10.00 WITA. Rombong­an langsung diarahkan me­nuju Aula SMP Seminari.

Tujuan kunjugan

 Kunjungan yang me­­­­­­­libatkan ke­pala sekolah, para guru, serta staf OSIS dari kedua sekolah itu dimaksudkan  untuk meningkatkan rasa persau­da­raan antarsekolah, dan meningkatkan ke­mampuan para sis­wa-siswi dalam ber­or­gani­sasi. 

Kunjungan OSIS ini bertujuan agar para staf OSIS dapat saling belajar mengembangkankan kinerja OSIS masing-masing. 

Melalui ke­giat­an kun­jung­an tersebut, para sis­wa dari kedua sekolah bisa sa­ling bertukar pikir­an untuk mewujud­kan OSIS yang ber­mutu dan menjadi wadah seluruh warga OSIS. 

Acara Berbagi Pengalaman'

Kegiatan  OSIS tersebut di­pimpin oleh  Erme­linda Muku, S.Pd dan Pak Darius Yo­­ha­nes Mau, S.Pd. Keduanya adalah guru pada SMPS Seminari.

Dalam Acara ‘Berbagi Pengalaman’ ,  dimulai de­ngan penyampaian Kata Sam­­­­­butan ­­­oleh  Romo Kris­to Betu se­laku Kepala SMPS Se­minari Santo Yohanes Berkhmans Matalo­ko. 

Selanjutnya, pengurus OSIS dari kedua sekolah  membagikan pengalamannya masing-masing,  sepu­tar cara mengembangkan OSIS dan cara mengatasi ma­salah yang terjadi da­lam OSIS. 

Selain itu dijelaskan pula perihal bagaimana cara membuat pro­gram kerja, serta bagaimana me­nambah pe­­nge­ta­­huan da­lam me­mim­pin OSIS.

Dalam pemaparannya, OSIS SMP Seminari Santo Yohanes Berkhmans Mata­loko memper­ke­­­nalkan di­ri  seba­gai sekolah dengan praktik baik kepada dunia luar.  

Selain itu, dijelaskan pula perihal fungsi OSIS se­­bagai orga­ni­sasi siswa in­tra se­ko­lah, wa­­­dah yang bisa me­­nampung aspirasi dan ke­­­mam­puan para sis­wa untuk berkembang. 

Pada sesi tanya ja­wab, para siswa SMP Negeri 3 Boawae ber­­ta­nya seputar per­be­daan OSIS SMP Seminari Santo Yohanes Berkhmans Matalo­ko de­ngan se­ko­­­­­lah luar.

Mereka juga meminta penjelasan seputar pro­gram kerja OSIS SMP Seminari, dan berbagai ke­giatan untuk me­ning­katkan minat,ser­­ta ba­kat seluruh warga OSIS.

 “Hal yang mem­be­­­dakan SMP Semi­nari dengan sekolah luar, yakni kami bisa be­kerja di dua wila­yah, sekolah dan as­rama. Ini pengalaman yang kaya,” ungkap Yano Jo­ka selaku ketua OSIS SMP Semi­nari. 

Kerja sama

Diharapkan melalui kunjungan tersebut terbentuk hubungan kerja sama di antara OSIS kedua sekolah pada masa mendatang. Sebab, hanya melalui kerja sama,  OSIS dapat bertumbuh dan ber­ja­lan dengan ba­ik. 

Kerja sama memung­kinkan para siswa bisa saling be­lajar. Apa yang menjadi kekurangan di sekolah yang satu, dapat dilengkapi oleh kelebihan di sekolah lain. 

Oleh karena itu, diharapkan  OSIS Semi­nari dapat melakukan kun­jung­an balasan.

Kesempatan untuk bersosialisasi

Kegiatan ini ber­lanjut dengan mi­num bersama. Para seminaris memanfaatkannya untuk  bersosialisasi de­ngan siswa/i SMP Ne­geri 3 Boawae. 

Acara ini diakhiri doa bersama di pekuburan Kevikepan Bajawa, yang berlokasi di belakang kapela SMA Semi­nari Santo Yohanes Berkhmans Mataloko. *** 

Laporan: Nino Ngari,  siswa kelas IX SMPS Seminari Santo Yohanes Berkhmans Mataloko. ***

RELATED NEWS