Pada Hari Idul Adha, Pemkab Manggarai Barat Serahkan Hewan Kurban Bagi Warga Muslim

redaksi - Selasa, 20 Juli 2021 20:51
Pada Hari Idul Adha, Pemkab Manggarai Barat Serahkan Hewan Kurban Bagi Warga Muslim Bupati Mabar dan Umat Muslim di kampung Palis, Lembor Selatan (sumber: MC Mabar)

LEMBOR (Floresku.com) -  Berkenaan dengan  Hari Raya Idul Adha 1442 H, Selasa 20 Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menyerahkan hewan kurban bagi umat Muslim di empat Masjid di empat desa di Kabupaten Manggarai Barat.

Penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi dilakukanoleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi di Masjid Al-Mutaqin Kampung Palis, Desa Nangga Lili, Kecamatan Lembor Selatan.

Pada saat penyerahaan hewan kurban, Selasa (20/7), Bupati Edistasius Endi dampingi Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai Barat drh. Maria N. Asmon, Camat bersama Muspicam Lembor Selatan, staf bagian Kesra Setda Manggarai Barat.

Bupati Mabar Edi Endi menyerahkan sapi kurban kepada umat Muslim di Kampung Palis, Lembor Selatan (Foto: MC Mabar)

Sebelum penyerahan hewan kurban,  tetua adat Palis menerima Bupati Mabar bersama rombongan dengan manuk kapu di halaman Masjid Al Mutaqin, Kampung Palis.

Ketua Panitia Idul Adha Masjid Al Mutaqin, desa persiapan Wae Jamal Nangalili Hamsidin di hadapan Bupati Edi Endi dan warga mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, karena Bupati Edistasius Endi berkenan hadir di Masjid Al Mutaqin Palis saat perayaan hari raya Idul Adha tahun ini.

"Baru kali ini Bupati hadir di tempat ini" ujar Hamsidin

Warga menyampaikan rasa terharu, karena Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyerahkan satu ekor sapi bagi umat Muslim di Masjid Al Mutaqin saat Idul Adha 1442 H. Daging kurban  akan di salurkan kepada sekitar dua ratusan kepala keluarga, anggota komunitas Masjid Al Mutaqin Palis.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengungkapkan, setelah dirinya di lantik menjadi Bupati pada 26 Februari 2021, baru dua tempat yang telah di kunjungi. Kunjungan ke kampung Palis merupakan tempat yang kedua dan sebelumnya di kampung Nunang Kecamatan Sanonggoang.

Bupati yang biasa disapa Edi Endi mengatakan ada kerinduan untuk mengunjungi semua kampung di Manggarai Barat, Namun karena situasi Covids-19, belum bisa di lakukan.

Bupati Edi Endi mengatakan bahwa hari ini hari raya Idul Adha, yang dimaknai sebagai hari kurban. “Dalam konteks ibadah umat Muslim mulai dari Kampung Palis hingga ke seluruh umat Muslim seluruh dunia,  kita persembahkan korban ini secara total kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pandemi Covid-19,  lekas berakhir,” ujarnya.

Dengan momen Idul Adha, katanya menambahkan, "kita harus selalu berusaha untuk merefleksikan berusaha untuk mendekatkann diri kepada Tuhan dan mendoakan agar pandemi Civid-9 cepat berlalu dari kehidupan kita, supaya kita bisa kembali untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara kita." 

Bupati Edi Endi, berharap agar segenap umat Muslim di Palis, untuk taat mengikuti Protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah.  

"Ketaatan kita mengikuti protokol kesehatan, nerupakan bagian dari kurban ini demi keselamatan diri kita sendiri maupun sesama. Karena, sebaik apapun obat yang di siapkan untuk menangkal Covid-19, tetapi kalau kita tidak mengikuti dan mentaati protokol kesehatan, semua sia sia" ucapnya.

Bupai Edi Endi menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah meluluhlantakan seluruh sektor perekonomian dan pembangunan dan di harapkan dari kondisi ini kita harus bangkit supaya kita tidak hancur. 

"Saya berharap kepada imam mesjid, untuk meyakinkan umat kita. Neka kembelis (jangam masa bodoh-red dalam bahasa setempat) menggunakan prokes, sehingga cita cita kemajuan dan kesejahteraan bisa di raih," katanya, penuh harap.

Dalam kesempatan itu Bupati Edi Endi juga berjanji kepada umat Muslim di Masjid Mutaqin Palis, bahwa Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta, untuk memperbaiki bangunan masjid, dan meminta Imam masjid untuk segera mengajukan proposal.

Selain di Masjid Al-Muttaqin Kampung Palis, desa Nanga Lili, Kecamatan Lembor Selatan,  Pemerintah Kabupaten Manggarai juga melakukan penyerahan hewan kurban juga dilakukan di Masjid Uswatun Hasanah Dusun Lemes Desa Macang Tanggar Kecamatan Komodo.. Di Lemes, penyerahan hewan kurban dilakukan oleh Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng didampingi Asisten II Marten Ban dan Camat Komodo Imran.

Sementara itu,  penyerahan hewan kurban untuk umat Muslim di komunitas Masjid Babu Salam Bambor Kecamatan Mbeliling, dilakukan oleh Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar,  dan di Masjid Jahidul Akbar Pulau Mesa Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo oleh Kabag Kesra David Rego. (Wulan).

Editor: Redaksi

RELATED NEWS