Pada Hari Raya Nyepi Nanti, Tol Bali Mandara Akan Berhenti Beroperasi

redaksi - Selasa, 05 Maret 2024 20:54
Pada Hari Raya Nyepi Nanti, Tol Bali Mandara Akan Berhenti Beroperasi Penampakan Jalan Tol Bali Mandara dari udara. (sumber: Istimewa)

DENPASAR (Floresku.com) - PT Jasamarga Bali Tol (JBT) akan melakukan penutupan ruas tol Bali Mandara pada saat Nyepi. Penutupan bakal diterapkan 32 jam, mulai Minggu, 10 Maret 2024 pada Pukul 23.00 WITA, hingga Selasa,12  Maret 2024, Pukul 07.00 WITA. 

Direktur Keuangan PT Jasamarga Bali Tol I Wayan Eka Saputra menjelaskan,  penutupan ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 7 tahun 2023, tanggal 24 Oktober 2023. Surat edaran itu tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2024. 

"Penutupan ini bertujuan untuk menghormati dan mendukung perayaan Hari Raya Nyepi, yang memiliki makna penting bagi Umat Hindu di Bali," katanya kepada wartawan di Denpasar, Senin (4/3/2024). 

Meski ditutup, Eka Sapurtra memastikan Tol Bali Mandara dapat digunakan dalam situasi darurat. Dijelaskan, mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan kendaraan darurat lainnya, tetap dapat menggunakan jalan tol saat Nyepi. 

Namun, PT JBT mengimbau kendaraan darurat selalu didampingi pecalang atau instansi terkait sesuai SOP yang berlaku. Ia menyampaikan, selama Nyepi, pihaknya menyiagakan 28 personel di ruas jalan tol.

"Kami memastikan bahwa semuanya akan dijalankan sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar SOP maupun awig-awig yang telah ditetapkan," sebutnya. 

Tidak hanya Nyepi. PT Jasamarga Bali Tol juga memberi atensi untuk upacara Melasti. Manager Operation and Maintenance PT JBT, I Putu Gandi Ginantri di tempat yang sama mengatakan, upacara Melasti akan dilaksanakan Jumat, 8 Maret 2024, di lokasi Pemelastian Desa Adat Pedungan. 

Dalam mendukung kelancaran acara tersebut, PT JBT mengerahkan Tim Patroli dan berkoordinasi dengan Polres Benoa, Polisi Lalu Lintas Induk VI Ditlantas Polda Bali, dan Pecalang. Tujuannya untuk pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa hingga lokasi Melasti.

"Nantinya selama kegiatan Melasti berlangsung akan diberlakukan contra flow sementara pada jalan akses Pelabuhan Benoa, dari pukul 05.00 Wita hingga selesai," jelasnya.

"Jalan akses bagian timur dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan sampai dengan lokasi Melasti dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan upacara Melasti. Sedangkan jalur sebaliknya, dari Pelabuhan ke arah Pesanggaran difungsikan dua arah atau contra flow," lanjut Gandi. 

Selain petugas Patroli Jalan Tol, PT JBT juga menyiagakan Petugas Kebersihan di sekitaran lokasi upacara dan ambulance Jalan Tol yang siaga di lokasi. 

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan area pemelastian dan selalu mematuhi arahan petugas," tutupnya. (SP). ***

RELATED NEWS