Padang Panjang Gelorakan Dukungan agar Rendang Warisan Budaya Indonesia Terdaftar di Unesco

MAR - Sabtu, 21 Agustus 2021 20:54
Padang Panjang Gelorakan Dukungan agar  Rendang Warisan Budaya Indonesia Terdaftar di UnescoDekranasda, Dharmawanita dan Ikaboga Padang Panjang pada kegiatan bertajuk Memasak Rendang Se Dunia secara virtual melalui zoom meeting, Sabtu (21/8/2021) di Balaikota. (sumber: Dok. Kominfo)

PADANGPANJANG (Floresku.com)  - Dukungan agar rendang terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia tak benda asal Sumatera Barat ke Unesco terus digelorakan, termasuk dari Kota Padang Panjang dengan mengelar memasak rendang secara virtual.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang Panjang Ny. dr. Dian Puspita Fadly, Sp.JP, Ketua Dharmawanita Ny. Sri Hindayani Sonny Budaya Putra bersama pengurus dan anggota Ikatan Ahli Boga Indonesia (IKABOGA) yang diketuai H. Irdawati  pada kegiatan bertajuk Memasak Rendang se-dunia secara virtual melalui zoom meeting,  demikian melansir kabarminang.id, jejaring Floresku.com, Sabtu (21/8/2021) di Balaikota.

Aksi memasak hidangan yang pernah menduduki peringkat pertama di dunia ini  diikuti berbagai daerah di Indonesia dan belahan dunia lainnya dengan  perkiraan 3.000 partisipan. Museum Rekor Indonesia pun turut membukukan rekor baru memasak rendang terbanyak di Indonesia ini secara daring.

Kegiatan ini sebelumnya dibuka secara virtual oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo serta dihadiri Guburnur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, ST, Wakil Gubernur Sumbar Ir. Audy Joinaldy, SPt M.Sc M.M, IPM, ASEAN, Eng, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hargianto, SE, MM, M.Si (Han) di Halaman Mako Lantamal II Padang.

Ketua Dekranasda Dian Puspita menyampaikan, rasa bangga lantaran rendang merupakan aset kuliner Indonesia asal Sumatera Barat yang mendunia.

"Sangat luar biasa sekali semoga ini bisa tercatat sebagai warisan bangsa Indonesia untuk dunia di Unesco," katanya, seperti dikutip dari laman FB Kominfo.

Sementara itu, Ketua Ikaboga Irdawati menceritakan Padang Panjang pernah menduduki peringkat pertama lomba memasak rendang tingkat Sumatera Barat. Irdawati pun membeberkan cara memasak rendang juara itu.

Memasak rendang untuk satu kilogram daging tuturnya, memerlukan bahan-bahan antaralain : 2 ons cabe kriting yang digiling, tiga buah kelapa yang dijadikan santan, lengkuas, bawang putih, dan pala.

"Lebih banyak santan akan lebih bagus, daging yang dipilih itu bagian betis dan dada, 1 kg untuk 25 potongan. Daging betis agak cepat dimasukkan ke dalam adonan santan yang telah dipadu dengan bumbu. Soalnya dagingnya agak keras berserat, setelah itu baru dimasukkan daging bagian dada (daging as), jelasnya.

(Harris)

Tulisan ini telah tayang di kabarminang.id oleh Sutan Marajo pada 21 Aug 2021 

RELATED NEWS