Padre Marco SVD Hadir dan Beri Kata Sambutan dalam Acara Berbuka Puasa di Dekat Vatikan

redaksi - Rabu, 27 April 2022 21:10
Padre Marco SVD Hadir dan Beri Kata Sambutan dalam Acara Berbuka Puasa di Dekat VatikanPadre Marco SVD sedang membawakan kata Sambutan dalam acara Berbuka Puasa di Restoran Roma, dekat Vatikan, Selasa, 26 April 2022. (sumber: PdM)

ROMA (Floresku.com) – Hari ini, Rabu, 27 April 2022 sore pukul 15.55 WIB, Pater Markus Solo Kewuta SVD atau lazim disapa Padre Marco berbagi pengalaman menarik yang dialaminya pada  Selasa, 26 April  2022, malam.

Melalui aplikasi perpesanan WhatsApp Padre Marco menulis sebagai berikut (dengan sedikit penyesuaian):

“Tadi malam (saya) diundang oleh sahabat-sahabat Muslim di Roma untuk membuka Puasa Muslim (Iftar) di sebuah restoran Roma, dekat Vatikan. Saya (didaulat untuk) membawakan Kata Sambutan pada awal acara makan-makan yang enak dan penuh dengan suasana penuh semangat persaudaraan dan persahabatan.”  

“Hadir juga pada acara tersebut Dubes Israel untuk Tahta Suci Vatikan, Pemimpin Islam Ahmadiyyah, sejumlah orang Muslim Sunni dan Syiah, para professor dan para penulis buku, wartawan serta para undangan lainnya.”

(Acara) selesai persis babak kedua semifinal Champions League: Manchester City vc Real Madrid mulai. 

Rupanya lampu lalu lintas ikut prihatin dan memberi kelancaran, sehingga saya selalu mendapatkan lampu hijau terus sampai rumah. Suatu malam dengan pengalaman yang menggembirakan.”

Dialog Katolik - Islam

Hadir dan berbicara dalam acara berbuka puasa umat Muslim adalah sebuah momentum sangat berharga bagi Padre Marco untuk mempererat hubungan persahabatan dan berdialog dengan sama saudara umat Islam.

Sebab sebagaimanana diketahui Padre Marco SVD adalah staf Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Umat Beragama (Pontifical Council for Interreligious Dialogue, PCID) di Vatikan.

Pada Juli 2007 Padre Marco Markus resmi bergabung dengan Dewan Kepausan ini dan menangani Desk Dialog Katolik-Islam di Asia dan Pasifik, dan menjadi orang Indonesia pertama di Kuria Tahta Suci Vatikan.

Sejak 2015, selain menangani Desk Islam di Asia dan Pasifik, ia juga dipercayakan sebuah tugas lain, yakni sebagai Wakil Presiden Yayasan Nostra Aetate yang bertugas untuk memajukan Pendidikan Perdamaian dan Pembentukan Duta-duta Perdamaian dari berbagai agama non-Kristiani bertempat di kota Roma dan Vatikan. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS