Padre Marco SVD: Paus Ajak Kita Berdoa untuk Majukan Persahabatan Sosial

Redaksi - Kamis, 01 Juli 2021 19:12
Padre Marco SVD: Paus Ajak Kita Berdoa untuk Majukan Persahabatan Sosial Padre Marco SVD bersama Paus Fransiskus pada suatu acara Lintas Agama beberapa waktu lalu (sumber: Istimewa)

VATIKAN, ROMA: Paus Fransiskus mengajak umat Katolik sejagad untuk berdoa demi kemajuan persahabatan sosial. 

Ajakan ini diteruskan Padre Marco SVD, staf Dewan Kepausan Untuk Dialog AntarUmat Beragama Untuk Tahta Suci Vatikan langsung dari Roma. 

Pesan yang dibagikan Padre Marco SVD  melalui aplikasi WhatsAppp itu. diterima  media ini, Kamis, 1 Juni 2021, siang. 

"Di awal bulan Juli ini Paus Fransiskus mengajak kita utk memasukan intensi doa bulan ini yakni "Memajukan Persahabatan Sosial". Ayat Alkitab sebagai inspirasi diambil dari Kitab Putra Sirakh: "Sahabat setiawan merupakan perlindungan yang kokoh, barangsiapa menemukan orang serupa itu sungguh mendapat harta" (Sir 6:14)." demikian tulis Padre Marco.

Pesan Padre Marco tersebut merujuk ke pesan melalui video Paus Fransikus tentang intensi doa Juli 2021, Paus Fransiskus mendesak “agar dalam situasi konflik sosial, ekonomi dan politik, kita dapat menjadi arsitek dialog dan persahabatan yang berani dan bersemangat”, melawan polarisasi dan populisme. 

Di bawah ini adalah terjemahan dari pesan video Paus:

"Alkitab mengatakan bahwa siapa pun yang menemukan teman telah menemukan harta karun.

Saya ingin mengundang semua orang untuk melampaui kelompok teman mereka dan membangun persahabatan sosial, yang sangat diperlukan untuk hidup bersama dengan baik.

Kita khususnya perlu memiliki perjumpaan baru dengan yang paling miskin dan rentan, mereka yang berada di pinggiran. Dan kita perlu menjauhkan diri dari populisme yang mengeksploitasi penderitaan rakyat tanpa memberikan solusi, mengajukan mistik yang tidak menyelesaikan apa pun.

Kita harus menghindari dari permusuhan sosial yang hanya merusak, dan meninggalkan “polarisasi” di belakang.

Dan ini tidak selalu mudah, terutama hari ini ketika bagian dari politik, masyarakat, dan media kita bertekad menciptakan musuh untuk mengalahkan mereka dalam permainan kekuasaan.

Dialog adalah jalan untuk melihat realitas dengan cara baru, sehingga kita dapat hidup dengan semangat tantangan yang kita hadapi dalam membangun kebaikan bersama. "  (MA)

RELATED NEWS