Paket Romantis Jangan Buat Janji 'Angin Surga', Utang Nasabah Koperasi Akan Dihapus

redaksi - Jumat, 13 September 2024 08:19
Paket Romantis Jangan Buat Janji 'Angin Surga', Utang Nasabah Koperasi Akan DihapusMarianus Gaharpung (sumber: Istimewa)

Oleh: Marianus Gaharpung

MEMBACA berita media online bahwa Paket cabup dan cawabup Sikka dengan tagline Romantis akan berusaha mencari program atau metode agar warga Sikka yang dililiti utang koperasi akan dilunasi jika terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Sikka 2024- 2029.

Aneh dan tidak masuk diakal program dari Romantis tersebut.

Semua paket cabup cawabup yang bertanding dalam kontestasi Pilkada 2024 boleh sah- sah saja serta tidak ada larangan membuat visi misi serta program kerja ketika terpilih sebagai bupati wakil bupati berjanji kepada masyarakat hal- hal apa saja yang dilakukan.

 Tetapi harus konkrit realistis dan masuk  akal akan dapat dilaksanakan.

Sebagaimana diketahui kepala dan wakil kepala daerah adalah pejabat publik termasuk pejabat tata usaha negara yang diberikan kewenangan oleh peraturan perundang undangan dan asas asas umum pemerintahan yang baik serta berbagai hukum positif lainnya untuk membuat perda bersama anggota dewan, membuat peraturan bupati atau keputusan bupati sebagai pejabat tata usaha negara. 

Itu artinya, bupati dan wakil bupati Sikka  melakukan tindakan hukum dan faktual dalam kaitan dengan pelayanan publik tidak boleh/ tidak sejalan dengan program prioritas nasional. 

Dana alokasi khusus dan alokasi umum peruntukan sudah diatur dari pusat. Dalam hal ini untuk biaya rutin berupa gaji pegawai, pembelian alat/fasilitas kantor, biaya pembangunan jalan, pendidikan, kesehatan dan lain- lain yang kesemuanya wajib berdasarkan ketentuan peraturan pemerintah pusat. 

Dengan adanya otonomi daerah sejatinya "ruang diskresi" diberikan kepada kabupaten dan kota agar bupati atau walikotanya kreatif adaptif serta responsif untuk bagaimana caranya potensi di daerah tersebut menjadi nilai ekonomis demi peningkatan PAD dan terserap tenaga kerja.

Atas dasar hal- hal yang sifatnya normatif ini,  Romastis mengatakan warga Sikka yang dililiti utang koperasi akan diatasi agar utangnya terlunasi. Pertanyaannya strategi dan langkah konkritnya bagaimana? Jangan sering membuat janji angin surga. 

Warga Nian Tana Sikka sudah merasakan janji janji yang tidak terealisasi selama 5 tahun kemarin sebagai bupati. Sekarang ada dugaan kumat dan tidak realistis janji akan melunasi utang warga di Koperasi Nian Tana Sikka. Mengapa tidak realistis ;

Pertama, faktanya, Pemkab Sikka dililiti kewajiban  membayar utang dan bunga dari pinjaman daerah yang harus dilakukan jika mau talangi utang warga di koperasi ambil uang dari mana?;

Kedua, jika Pemkab Sikka tidak melunasi utang pokok dan bunga, maka wanprestasi,  dampaknya dana bantuan pusat ke Sikka akan dipotong utang dan bunga. Artinya uang daerah akan berkurang;

Ketiga, tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah hanya melakukan pelayanan dan bantuan yang sifatnya publik bukan bantuan yang sifatnya privat (pribadi);

Keempat, utang warga kepada koperasi adalah urusan privat yang sifatnya pribadi. Pemerintah tidak ada kewajiban hukum untuk menalanginya.  Sehingga aneh janji  Romantis mau berusaha menutupi utang yang sifatnya pribadi kepada koperasi. Ini logika sesat;

Kelima, janji Romantis tidak realistis dan tidak mungkin terwujud sehingga warga Sikka jangan terbius dan tidak perlu berharap banyak anggap saja janji tersebut hanyalah pemanis bibir dari paket Romantis.

Oleh karena itu, warga masyarakat harus realistis melihat cabup cawabup ketika sosialisasi/ kampanya visi misi dan program kerjanya konkrit riil dan masuk akal atau tidak.

Dengan kata lain, jangan hanya melihat  "casing" atau tampilan luarnya saja tetapi kesungguhan hatinya dengan sikap serta tutur kata jujur dan sungguh- sungguh mau bekerja dan tidak hanya menebar pesona diri dan janji angin surga kepada warga Nian Tana Sikka.

Oleh karena itu, 27 November Pilkada, warga Sikka wajib membamgun komitmen bersama untuk memilih bupati wakil bupati yang suka bekerja dan bukan suka- suka buat janji tetapi tidak terealistis. 

Sikka butuh pemimpin yang doyan kerja bukan doyan buat janji ‘angin surga’. Amin!

*Marianus Gaharpung adalah dosen FH Ubaya Surabaya. ***

RELATED NEWS