Panggung Pameran Perhelatan KTT ASEAN Summit di Marina Waterfront City, Labuan Bajo, Terbakar.

redaksi - Jumat, 05 Mei 2023 10:54
Panggung Pameran Perhelatan KTT ASEAN Summit di Marina Waterfront City, Labuan Bajo,  Terbakar. Panggung Pameran ASEAN Summit di Labuan Bajo Terbakar, Kamis, 4 Mei 2003, siang. (sumber: Potongan gambar video.medcom.id)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Panggung pameran perhelatan KTT ASEAN Summit di Marina Waterfront City, di Jalan Soekarno Hatta Harbor, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar. 

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada hari Kamis, 4 Mei 2023 pukul 13.00 WITA.
Saksi mata mengatakan aktifitas las besi pada bagian atap menyebabkan pericikan api lalu menyambar ijuk yang baru dipasang kedua sisi.

Dalam kebakaran ini, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil.

PIC EO Resvvara, Alexander, mengatakan materil yang terbakar dalam peristiwa ini adalah ijuk yang diperuntukan sebagai atap untuk panggung. Kebakaran ini disebabkan karena cuaca ekstrem.

"Pekerja tidak ada yang terluka sama sekali dan tidak ada kerugian selain materi ijuk yang terbakar," kata Alexander dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/5).

Dia mengungkapkan para pekerja tidak ada yang merokok maupun menggunakan elektronik. Sebab, kerangka panggung sudah selesai dari sehari sebelumnya.

"Antisipasinya jika masih mau menggunakan ijuk, harus selalu dalam kondisi basah dan disiram," terangnya.

Alex menjelaskan proses percobaan pemasangan ijuk di area panggung sisi kanan dan sisi kiri dilakukan pada pukul 13.00 WITA. Ada enam orang yang melakukan pekerjaan setelah rangka selesai dirangkai sehingga hanya tinggal pemasangan ijuk.

"Kemudian pukul 14.50 WITA, muncul asap dan api di sisi kiri karena sengatan matahari. Karena posisi tinggi dan ditambah angin laut menyebabkan api cepat menjalar," bebernya.

Untuk mengatai kebakaran,  Alex menerangkan, tidak membutuhkan bantuan pemadam kebakaran. Panitia hanya menggunakan empat unit APAR dan fasilitas lainnya.

Kawasan Waterfront Marina di Labuan Bajo,adalah  salah satu fasilitas dalam program penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yang sekaligus sebagai ikon wisata di kawasan tersebut.

Pembangunan waterfront Labuan Bajo telah selesai sejak 8 Februari 2022 dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Juli 2022.

Marina Waterfront City, di Jalan Soekarno Hatta Harbor, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, (Dok. PUPR).

Adapun kawasan Waterfront Marina dibagi dalam lima zona. Zona 1 untuk membangun zona pejalan kaki atau promenade di Bukit Pramuka, Zona 2 untuk pembangunan promenade di Kampung Air, dan Zona 3 untuk pembangunan plaza dan ruang publik. 

Berikutnya, ada Zona 4 untuk pembangunan promenade yang juga merupakan bagian dari plaza hotel, serta Zona 5 untuk pembangunan promenade (jalur pedestrian) dengan struktur kantilever.  (Sil). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS