Pasir Putih dan Nyiur Melambai di Pantai Cabugao Gamay, Filipina

redaksi - Minggu, 18 Februari 2024 20:16
Pasir Putih dan Nyiur Melambai di Pantai Cabugao Gamay, FilipinaPasir putih dan nyiur melambai di Pulau Cabugao Gamay, Filipina (sumber: Istimewa)

MANILA (Floresku.com) - Sebagaimana Indonesia, Filipina adalah sebuah negara kepulauan. Di negeri kelahiran petinju kesohor Manny Pacquiao itu terdapat banyak pantai yang indah mempesona. 

Salah satu di antaranya adalah pantai di  Pulau Cabugao Gamay.

Cabugao Gamay adalah salah satu dari tiga pulau kecil di selatan kepulauan Islas de Gigantes di Iloilo yang terletak di tengah-tengah kepulauan Filipina. (Lihat Peta).

Pulau kecil, yang juga dikenal sebagai Cabugao Daku atau Pulau Cabugao, terletak di timur laut pesisir Pulau Panay dan berjarak kurang dari satu kilometer dari Gigantes Sur.

Pulau ini dikelilingi oleh perairan hijau zamrud, cocok untuk berenang.

Salah satu ciri khas Cabugao Gamay adalah formasi batuannya yang ditutupi tanaman hijau. Gundukan pasir putih yang terletak di ujung utara pulau ini dikelilingi perairan zamrud menakjubkan yang sempurna bahkan untuk perenang biasa.

Tamasya pastinya merupakan suguhan bagi mereka yang berusaha mencapai Pulau Cabugao Gamay. Batu besar telah menjadi tempat paling terkenal di pulau itu. 

Pulau Cabugao Gamay dapat dicapai dengan naik perahu pompa 20 hingga 30 menit (carteran) dari Brgy. Lantangan di Isla de Gigantes Sur.

Penduduk setempat mengubahnya menjadi dek pemandangan dan terdapat satu set tangga kayu untuk membantu pengunjung menikmati pemandangan 360 derajat seluruh pulau.

Selain dek observasi, pengunjung juga dapat memanfaatkan aktivitas pulau yang biasa, termasuk kayak, snorkeling, dan paddleboarding. (Sumber:exploreiloilo.com). ***

RELATED NEWS