Paus Berangkat ke Kanada, Duduk di Kursi Roda dan Naik Pesawat Pakai Lift Mobil

redaksi - Minggu, 24 Juli 2022 23:18
Paus Berangkat ke Kanada, Duduk di Kursi Roda dan Naik Pesawat Pakai Lift MobilPaus Fransisskus masuk ke pesawat dengan batuan lift mobil. (sumber: Youtube/ Crannofonix)

ROMA (Floresku.com) -Paus Fransiskus meninggalkan Roma pada Minggu, 24 Juli 2022 untuk perjalanan selama seminggu ke Edmonton, Kanada.  Paus diharapkan  akan meminta maaf atas peran Gereja Katolik dalam tindakan kekerasan tarhadap anak-anak pribumi Kanada di sekolah-sekolah berasrama.

Dalam video berdurasi 4,5 menit yang dirilis akun Youtube Crannofonix, tampak Paus mendekati pesawat dengan mengendarai mobil sedan berwarna hitam.

Ia kemudian dibantu oleh beberapa petugas naik ke kursi roda lalu didorong menuju lift mobil.

Beberapa saat berselang, tampak Paus yang duduk di kursi roda dibantu menyeberangi jembatan yang menghubungkan lift mobil dan pintu pesawat. 

Berikut adalah jadwal lengkap kunjungan Paus selama berada di Kanada:

MINGGU 24 JULI
Paus Fransiskus dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Edmonton dan menghadiri upacara penyambutan. Tidak akan ada acara untuk sisa hari itu untuk mengizinkan paus berusia 85 tahun itu beristirahat.

SENIN 25 JULI
Paus diatur untuk bertemu dengan para penyintas sekolah perumahan dari seluruh Kanada di pagi hari di Maskwacis, Alta., Rumah bagi bekas Sekolah Perumahan Ermineskin. Ini adalah satu-satunya kunjungan sekolah ke asrama dalam rencana perjalanan Paus.

CTV News Channel dan CTVNews.ca akan menayangkan tayangan spesial selama dua jam tentang kunjungan Paus ke Maskwacis dari pukul 11.00 hingga 13.00. EDT.

Sore harinya, Paus akan kembali ke Edmonton dan bertemu dengan umat paroki dan masyarakat adat di Gereja Hati Kudus Rakyat Pertama. Gereja ini telah dikenal sebagai ruang yang secara rutin memadukan tradisi Katolik dan Pribumi, dan baru-baru ini dibuka kembali setelah kebakaran yang tidak disengaja pada tahun 2020.

Sebuah siaran langsung khusus akan ditayangkan di CTVNews.ca yang meliput kunjungan Paus ke Gereja Hati Kudus Rakyat Pertama mulai pukul 6 sore. sampai jam 7 malam, EDT.

SELASA 26 JULI
Paus Fransiskus akan mengadakan misa terbuka di Stadion Persemakmuran Edmonton dengan 65.000 peserta untuk menandai Pesta St. Anne, yang merayakan ibu Perawan Maria, seorang tokoh yang dihormati secara luas di antara umat Katolik Pribumi. CTVNews.ca akan menayangkan siaran langsung khusus yang meliputi misa dari pukul 10:30 hingga 1 siang. EDT.

Setelah misa, dia akan melakukan perjalanan ke Lac Ste. Situs Sejarah Nasional Ziarah Anne di barat laut Edmonton dan menyambut peziarah Pribumi dari seluruh Kanada dan Amerika Serikat.

Acara di Lac Ste. Anne juga akan disiarkan langsung secara online di CTVNews.ca mulai pukul 6 sore. sampai jam 7 malam.

RABU 27 JULI
Paus akan berangkat ke Kota Quebec, di mana ia akan bertemu Gubernur Jenderal Mary Simon, Perdana Menteri Justin Trudeau serta para pemimpin Pribumi dan pejabat tinggi lainnya di Benteng Quebec


Sementara pertemuan di Benteng akan bersifat pribadi, publik diundang untuk menghadiri program ekspresi budaya Pribumi di Dataran Abraham. Tidak ada tiket yang diperlukan untuk acara di Plains.

Setelah pertemuannya di Citadelle, Paus akan berkendara melalui Dataran Abraham dengan Popemobile-nya dan menyapa publik.

Acara di Citadelle and the Plains akan ditayangkan secara langsung di CTVNews.ca mulai pukul 4 sore. sampai 18:30 EDT.

KAMIS 28 JULI
Paus Fransiskus akan mengadakan misa pagi di Kuil Nasional Saint Anne de Beaupre. Misa juga akan disiarkan di layar video di Dataran Abraham. Ini juga akan ditayangkan dalam siaran langsung khusus di CTVNews.ca mulai pukul 11:00 hingga 13:00. EDT.

Pada sore hari, Paus akan mengadakan doa bersama para rohaniwan di Katedral-Basilika Notre-Dame de Québec.

JUMAT 29 JULI
Hari itu akan dimulai dengan pertemuan pribadi di kediaman Uskup Agung Quebec. Paus akan bertemu dengan anggota Serikat Yesus, sebuah ordo religius dengan Gereja Katolik yang lebih dikenal sebagai Yesuit.

Dia juga akan bertemu dengan delegasi yang mewakili masyarakat adat dari Kanada timur sebelum terbang ke Iqaluit.

Paus akan memulai turnya di Iqaluit dengan pertemuan pribadi lainnya dengan para penyintas sekolah perumahan sebelum menghadiri acara komunitas publik gratis yang diselenggarakan oleh para pemimpin Inuit di luar sekolah dasar setempat.

Paus Fransiskus akan terbang kembali ke Roma, pada Jumat, 29 Juli 2022, malam.***

Editor: redaksi

RELATED NEWS