Paus Mengkanonisasi Dua Orang Kudus Baru bagi Gereja Katolik

redaksi - Senin, 10 Oktober 2022 20:54
Paus Mengkanonisasi Dua Orang Kudus Baru bagi Gereja KatolikDua orang kudus yang dikanonisasi pada Minggu, 09 Oktober 2022. (sumber: www.katolikku.com)

VATIKAN (Floresku.com)-  Paus Fransiskus mengkanonisasi St Giovanni Battista Scalabrini dan St Artemide Zatti menjadi orang kudus gereja Katolik  di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, pada hari Minggu (09/10) kemarin.

Paus Fransiskus  mengenang bagaimana orang-orang suci ini hidup sebagai teladan Gereja inklusif dan mendorong umat beriman untuk belajar kembali bagaimana dengan rendah hati bersyukur atas hidup kita dan kehadiran Tuhan di dalamnya

Paus memimpin Misa itu  bersama bersama oleh Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Dikasteri untuk Pekerjaan Para Kudus, dengan lima puluh ribu umat beriman berpartisipasi.

Dalam homilinya, Paus Fransiskus merenungkan Injil Lukas yang menceritakan kisah sepuluh penderita kusta yang, setelah berseru kepada Yesus memohon belas kasihan, disembuhkan, dengan hanya satu orang Samaria yang menyadari kesembuhannya dan berbalik “memuji Tuhan dengan suara nyaring (Luk 17:15).

Paus juga mengundang umat beriman untuk merenungkan dua aspek Injil: berjalan bersama dan mengucap syukur.

Prosesi Paus dan para uskup menuju Alat Misa Kanonisasi di Lapangan St Petrus, Vatikan, Minggu, 09 Oktober 2022.

Pentingnya berjalan bersama
Kusta, kata Paus Fransiskus, adalah penyakit yang mengisolasi mereka yang sakit dari orang lain, memaksa mereka yang menderita penyakit itu untuk tetap bersama di “pinggiran kehidupan sosial dan bahkan religius.”

Gambaran solidaritas dalam kesunyian ini juga bermakna untuk kita renungkan: jika kita dapat mengenali penyakit kita sendiri sebagai orang berdosa yang membutuhkan belas kasihan besar Allah Bapa, maka kita dapat sekali lagi menjadi seperti saudara dan saudari, “ingatlah bahwa kita semua rentan di dalam dan membutuhkan penyembuhan.”

“Iman selalu mendorong kita untuk bergerak melampaui diri kita sendiri dan menuju Tuhan dan saudara-saudari kita, tidak pernah tetap tertutup di dalam diri kita sendiri."

"Iman mengundang kita untuk mengakui terus-menerus bahwa kita membutuhkan penyembuhan dan pengampunan, dan untuk berbagi dalam kelemahan orang-orang yang dekat dengan kita, tanpa merasa diri kita lebih unggul.”

Berjalan bersama adalah batu penjuru utama Gereja dan merupakan sesuatu yang dapat kita tanyakan pada diri kita sendiri: dalam kehidupan kita sendiri di dalam keluarga kita, tempat kerja kita, dan di mana kita menghabiskan waktu kita, apakah kita benar-benar mampu mendengarkan dan bersikap terbuka serta inklusif kepada semua orang “dalam pelayanan Injil,” Paus bertanya kepada umat beriman.

Dalam homilinya, Paus menantang kita untuk “selalu inklusif” di Gereja dan masyarakat, “yang masih dirusak oleh banyak bentuk ketidaksetaraan dan marginalisasi.”

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Paus Fransiskus mengatakan pengucilan para migran hari ini di Gereja dan masyarakat adalah "skandal" dan "kriminal."

“Memang: pengucilan migran adalah kriminal, itu membuat mereka mati di depan kita. Hari ini kita memiliki Mediterania yang merupakan kuburan terbesar di dunia. Pengecualian migran memuakkan, itu berdosa, itu kriminal.”

Belajar bersyukur kepada Tuhan

Dalam Injil, hanya satu penderita kusta, yang menyadari bahwa dia telah sembuh, berbalik untuk memuji Tuhan dan menunjukkan rasa syukur, sementara yang lain melanjutkan perjalanan mereka.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa orang Samarialah yang berani kembali kepada Yesus untuk menjalin hubungan dengan-Nya untuk “memulai perjalanan syukur:” Yesus sendiri, orang Samaria itu menyadari, “lebih penting daripada kesembuhan yang dia terima.”

Ini bisa menjadi pelajaran besar bagi kita, lanjut Paus, karena begitu sering kita jatuh ke dalam “penyakit spiritual yang menjijikkan” karena menganggap remeh segala sesuatu, termasuk hubungan kita dengan Tuhan.

Kemampuan untuk mengucap syukur justru memungkinkan kita untuk mengenali kehadiran Tuhan dalam hidup kita dan pentingnya orang lain, keluarga kita.

“Jadi tolong, jangan lupakan kata kunci ini: terima kasih!”

Dua orang suci yang beriman

Mengingat contoh dari dua Orang Suci yang baru bernama, Paus Fransiskus mengatakan masing-masing dari dua orang suci ini mengingatkan kita “akan pentingnya berjalan bersama dan mampu mengucap syukur.”

Keduanya mendedikasikan hidup mereka untuk Gereja yang inklusif dan tanpa hambatan, karena Santo Scalabrini sangat peduli pada para migran dan Santo Zatti sangat peduli pada orang sakit, menanggung sendiri luka orang lain.

“Dengan visi yang besar, Scalabrini melihat ke depan ke dunia dan Gereja tanpa hambatan, di mana tidak ada orang asing.

Sebagaian dari umat yang hadir dalam Misa Kanonisasi, Minggu, 09 Oktober 2022 di Lapangan St Petrus, Vatikan.

Untuk bagiannya, Bruder Artemide Zatti dari Salesian adalah contoh nyata dari rasa syukur.”

Paus mencatat bagaimana hari ini, di sini di Eropa, ada satu migrasi yang menyebabkan "sangat menyakitkan:" migrasi orang-orang Ukraina yang melarikan diri dari perang.

Sebagai penutup, Paus mendorong kita untuk meminta para Orang Suci untuk membantu kita “berjalan bersama, tanpa tembok pemisah” agar dapat “menumbuhkan keluhuran jiwa itu,” yaitu, rasa syukur. ***

Sumber: www.katolikku.com

Editor: redaksi

RELATED NEWS