Pelabuhan Maritaing Hubungkan Wisata Super Premium Flores dengan Timor Leste

MAR - Rabu, 24 Februari 2021 19:16
Pelabuhan Maritaing Hubungkan Wisata Super Premium Flores  dengan  Timor Leste (sumber: 2021/02/1614046547611.jpeg)

JAKARTA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI sedang melaksanakan studi kelayakan (FS) Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Maritaing (Alor)

Kadis Perhubungan NTT Isyak Nuka kepada Floresku.Com mengatakan rencana pembangunan tersebut merupakan antisipasi kemungkinan adanya pembukaan Jalur Penyeberangan Internasional Maritaing - Dili (Timor Leste). 

Dia mengatakan pembicaraan terkait adanya jalur penyeberangan internasional ini sudah digagas sejak 2019 dan beberapa kali telah dilakukan Rakor bersama baik di Jakarta maupun di Kupang dan di Maritaing (Alor) yang melibatkan semua unsur terkait baik pusat maupun daerah provinsi NTT dan kabupaten Alor. 

Menurut Isyak, pihak PT. ASDP (Persero) sangat menyambut baik gagasan ini dan siap berkontribusi aktif dalam hal penyiapan sarana kapal ferry pada lintasan tersebut. 

Jika gagasan ini nantinya terwujud, jelasnya,  maka sudah dapat menjawab Peta Overland Flores hingga ujung timur Alor (Maritaing) bahkan internasional di Timor Leste (Dili, OEqusi, dan wilayah2  sekitarnya). 

“Ada ikatan budaya/religi antara warga Timor Leste dengan saudara2nya di Alor maupun Larantuka (Prosesi religi Semana Santa). Ini tentunya sangat menarik untuk dikaji lebih dalam,” tegasnya.

RELATED NEWS