Pemda Kabupaten Manggarai Barat Buka Ruas Jalan Bandara Komodo - Binongko

Redaksi - Kamis, 04 Maret 2021 16:05
Pemda Kabupaten Manggarai Barat Buka Ruas Jalan Bandara Komodo - BinongkoRuas Jalan Bandara Komodo - Binongko (sumber: 2021/03/1614825271735.jpeg)

LABUAN BAJO- Pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Barat Bupati  meresmikan pembukaan ruasa jalan baru dalam kota Labuan Bajo, dari Bandara Komodo menuju Binongko.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan pembukaan ruas jalan baru ini sebagai salah satu cara mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Labuan Bajo dan sekaligus mewujudkan harapan warga kota Labuan Bajo agar bebas dari kemacetan.

Selain untuk mengatasi kemacetan  yang sering terjadi di sekitar Bandara Komodo  Labuan Bajo, pembukaan ruas jalan baru tersebut juga  menjawab kerinduan masyarakat Binongko agar memiliki akses yang mudah menuju Bandara Komodo.

"Dengan adanya ruas jalan baru ini, lalu lintas arah Bandara Komodo menuju Binongko dan sekitarnya bisa lebih cepat," kata Bupati Mabar Edistasius Endi dalam sambutannya saat menghadiri pembukaan ruas jalan baru jalur Bandara Komodo menuju Binongko, Rabu (3/3/2021).

“Selama bertahun-tahun rencana pembangunan ruas jalan ini seperti tak ada solusinya. Melalui pendekatan komunikasi yang baik dengan pemilik lahan, akhirnya pemilik lahan legowo tanahnya dihibahkan ke pemerintah. Ini suatu hal yang sangat luar biasa,” ujarnya.  

Bupati Endi menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada keluarga pemilik lahan yang diwakili Flafianus Soe, karena telah merelakan tanah untuk kemajuan daerah yang ditetapkan sebagai destinasi wisata super premium ini.

"Sebagai Bupati dan seluruh masyarakat Manggarai Barat menyampaikan terima kasih kepada keluarga pemilik lahan, karena merelakan tanahnya demi mendukung kemajuan infrastruktur di kota wisata super premium ini,” ucapnya.

Senada dengan Bupati Mabar, Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, menegaskan kegiatan yang sifatnya pro rakyat, DPRD Mabar pasti sangat mendukung.

“Sebab, ruas jalan baru di Labuan Bajo memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas secara cepat dan lancar, bebas dari kemacetan.  Semoga pembukaan jalan ini menjadi berkah bagi masyarakat Manggarai Barat,” kata Marten Mitar.

Mitar berharap agar Pemda Mabar terus berinovasi terhadap pengembangan Kota Labuan Bajo.

Kepada pemilik lahan Ketua DPRD juga menyampaikan terima kasih atas keikhlasan hati keluarga pemilik lahan.

Sementara itu, Flafianus Soe perwakilan keluarga pemilik lahan yang juga merupakan wakil ketua DPRD Manggarai menyampaikan terima kasih kepada Pemda Mabar.

Ia menegaskan bahwa keluarga pemilik lahan sangat mendukung kemajuan kota super premium itu.

“Mewakili keluarga, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemda Mabar. Mari kita menjaga agar Labuan Bajo dearha destinasi pariwisata super premium ini menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata  Flafianus.

Flafianus menjelaskan terkait hibah tanah itu, pendekatan sebelumnya sudah melalui proses yang panjang dan belum mencapai kesepakatan. Namun karena pola pendekatan yang baik dari Bupati Edi Endi, akhirnya kesepakatan tersebut tercapai.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Mabar Yulianus Weng, Staf Ahli Bupati, Asisten Bupati, Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III Provinsi NTT Kementerian PUPR, Yanuar Dwi Putra,  Wakil Ketua II DPRD Mabar Marcel Jeramun, Kepala Dinas PUPR Mabar Ovan Adu, Direktur PT ANK, Wemmi Sutanto, tokoh adat, dan beberapa pimpinan OPD. (TARI)

RELATED NEWS