Pemda Manggarai Tetapkan Pulau Mules sebagai Desetinasi Wisata

redaksi - Kamis, 24 Agustus 2023 06:56
Pemda Manggarai Tetapkan Pulau Mules sebagai Desetinasi WisataBupati Manggarai Heribertus Nabit (sumber: Istimewa)

KUPANG (Floresku.com) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menetapkan Pulau Mules di Kecamatan Satarmese Barat sebagai daerah destinasi wisata untuk dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Pemerintah Kabupaten Manggarai mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah menerima usulan Pemkab Manggarai untuk pengembangan kawasan Pulau Mules sebagai daerah tujuan wisata," kata Bupati Manggarai Heribertus Nabit saat dihubungi Antara dari Kupang, Rabu, (23/8).

Ia mengatakan pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan Pulau Mules sebagai daerah tujuan wisata dengan melakukan sosialisasi penyusunan masterplan daya tarik wisata Pulau Mules sehingga ekonomi masyarakat Pulau Mules terus menggeliat.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mendukung aspirasi penatapan Pulau Mules sebagai lokasi wisata.

Menurut Heribertus Nabit  sektor pariwisata tentu memiliki banyak sektor ikutan yang bisa bergerak dalam mendukung percepatan pembangunan sektor itu.

"Terkait dengan penyusunan masterplan pembangunan pariwisata di Pulau Mules tentu berbagai usulan dari masyarakat Pulau Mules yang berasal dari berbagai latar belakang akan dikaji secara baik oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai bersama pihak terkait," kata Bupati Heribertus Nabit.

Ia berharap penyusunan masterplan bisa lebih cepat dengan tetap memperhatikan dengan baik manfaat langsung pengembangan pariwisata bagi masyarakat di Pulau Mules.

Namun dia meminta masyarakat di Pulau Mules bersabar dengan setiap tahapan dalam proses pengembangan yang ada.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Sony Zet Libing mengatakan pembangunan pariwisata harus tetap menjaga kelestarian alam Pulau Mules.

"Pemerintah Provinsi NTT berharap keaslian dari Pulau Mules tetap terjaga dan terpelihara dengan baik," kata Sony Zet Libing. (Sumber: Antara). ***

RELATED NEWS