Pemkab Sikka Launching Kegiatan Vaksinasi Tahap I untuk Para Ibu Hamil Serentak di 25 Puskesmas

redaksi - Selasa, 14 September 2021 20:23
Pemkab Sikka Launching Kegiatan Vaksinasi Tahap I untuk Para Ibu Hamil Serentak di 25 PuskesmasWabup Sikka dan Ketua Umum PKK Kab Sikka Menghadiri dan Melaunching Pemberian Vaksinasi Tahap Satu untuk Ibu Hamil Serentak di 25 Puskesmas se-Kabupaten Sikka (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Wakil Bupati Sikka Romanus Woga bersama Ketua Umum PKK menghadiri dan me-launching kegiatan pemberian vaksinasi tahap 1 kepada ibu-ibu hamil secara serentak di 25 puskesmas di wilayah Kabupaten Sikka. Acara launching  kegiatan vaksinasi itu bertempat di Puskesmas Beru, Jalan Kesehatan, Kelurahan Beru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Selasa, 14 September 2021.

Dokter Clara Francis dalam laporan kepanitiaannya menyampaikan bahwa tujuan vaksinasi kepada ibu hamil adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh para ibu hamil terhadap serangan  Covid-19, dan sebagai publikasi pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil kepada masyarakat.

Lanjut Clara Francis bahwa pelaksanaan pelayanan vaksinasi ini dilakukan secara serentak di 25 puskesmas oleh tim vaksinator di masing masing puskesmas, pada hari ini Selasa, 14 September 2021.

Untuk pemberian vaksinasi di Puskesmas Beru ini menghadirkan sasaran para ibu hamil dari wilayah kerja Puskesmas Beru sebanyak 181 orang dibagi jam pelayanan agar tetap taat prokes, ungkap Clara Francis.

Selanjutnya wabup Sikka Romanus Woga dalam sambutannya dia mengatakan hari ini pemberian vaksinasi Covid-19 kepada para ibu hamil di Kabupaten Sikka secara serentak dilakukan yang di lakukan disetiap puskemas di seluruh Kabupaten Sikka. Diketahui bahwa  ibu hamil merupakan kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19.

Dosis pertama pemberian vaksinasi ini, kata Romanus, diberikan kepada usia kehamilan diatas tiga bulan dan dosis kedua diberikan sesuai dengan jenis interval vaksin. 

“Pelayanan awal pada saat launching akan dilayani sebanyak 1948 sasaran untuk ibu hamil yang tersebar di 25 puskesmas di wilayah Kabupaten Sikka,” ujarnya.

Tujuan pemberian vaksin kepada ibu hamil ini, untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak serta menekan kematian ibu dan bayi.

Berbagai upaya dan strategi yang dilakukan secara kontinyu dan komprehensif terutama difasilitas kesehatan tingkat pelayanan primer dan rujukan serta dukungan dari lintas sektor tmseperti LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan kaum muda untuk memberikan kontribusi bagi kesehatan perorangan keluarga dan masyarakat pada umumnya. (Mardat)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS