Penderita Gagap yang Sembuh dan Jadi Orang Terkenal: Salah Satunya Presiden AS, Joe Biden

redaksi - Selasa, 22 Oktober 2024 08:11
 Penderita Gagap yang Sembuh dan Jadi Orang Terkenal: Salah Satunya Presiden AS, Joe BidenOrang terkenal yang pernah menderita 'gagap' bicara. (sumber: truecolorsfestival.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Apa kesamaan Bruce Willis, Joe Biden, dan Emily Blunt? Rupanya, mereka pernah mengalami kesulitan lancara berbicra alias ‘gagap’.

Anda pasti pernah berhadapan dengan seseorang yang berbicara, dan Anda mendengar seperti pengulangan bunyi, suku kata, atau kata; perluasan bunyi; atau interupsi saat berbicara. 

Nah, kondisi bicara yang demikiandisebut gagap! 

"Diperkirakan ada  sekitar 70 juta orang mengalami kondisi neurologis ini di seluruh dunia, tulis situsweb worldwideOpen di rubrik  ‘jendela baru’-nya.

Meskipun 4 persen orang gagap akan sembuh dari gagapnya seiring bertambahnya usia, 1 persen akan mengalami gagap seumur hidup. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat diobati.

Gagap, yang dapat menjadi penghalang komunikasi yang lancar, dapat dianggap sebagai penghalang kesuksesan. 

Namun, ada10 penderita gagap yang terkenal  yang telah berhasil mengatasi hambatan bicara dan menjadi figur publik yang pekerjaannya memerlukan keterampilan berbicara di depan umum.

Berikut ini adalah pendapat masing-masing tentang pengalaman mereka dengan gagap.

1.Bruce Willis

“Hal tersulit yang saya ingat adalah ketika saya masih kecil dan gagap. Saran saya kepada orang-orang di ruangan ini adalah jangan pernah biarkan siapa pun membuat Anda merasa seperti orang buangan, karena Anda tidak akan pernah menjadi orang buangan,” katanya sambil menangis dan mengutip Eleanor Roosevelt: “Tidak seorang pun dapat membuat Anda merasa rendah diri tanpa persetujuan Anda,” kata Bruce Willis di acara gala tahunan American Institute for Stuttering pada tahun 2016.

2.Ed Sheeran

“Dan dari sudut pandang gagap, jangan menganggapnya sebagai masalah—selesaikan dan dapatkan perawatan yang Anda inginkan, tetapi jangan pernah menganggapnya sebagai masalah, jangan melihatnya sebagai kesulitan dalam hidup Anda, dan teruslah maju,” kata sambutan Ed Sheeran di acara gala tahunan American Institute of Stuttering pada tahun 2015.

Emily Blunt
3.Emily Blunt

“Menurut saya, dalam beberapa hal, saat Anda mengalami sesuatu seperti gagap, Anda menjadi pendengar yang sangat baik. Anda menyerap dunia dengan cara yang berbeda. Karena Anda mungkin kurang cenderung berbicara saat mengalaminya,” kata Emily Blunt dalam sebuah wawancara dengan Marie Claire pada bulan Februari 2020.

Elvis Presley
4.Elvis Presley

“Seperti yang dicatat Examiner.com, “Orang-orang yang berjuang dengan masalah gagap dapat menemukan inspirasi dengan mengetahui bahwa mereka berbagi sesuatu yang sangat pribadi dengan salah satu penyanyi paling sukses sepanjang masa,” demikian yang ditulis tentang Elvis Presley di The Stuttering Foundation.

5.Hrithik Roshan

“Semua kenangan tentang kesulitan masa lalu saya tertumpah di Nanavati. Ketika saya bertemu dokter yang merawat saya pada usia 14 tahun karena gagap, saya hampir tidak dapat mengendalikan emosi saya. Tidak mudah menjadi anak istimewa,” tambahnya, “Saya sudah mengatasinya, begitu juga Anda. 

Saya pikir sangat penting bagi saya untuk menyampaikan pesan ini secara luas dan saya ingin melakukannya lebih sering.” Hrithik Roshan membuat komentar ini pada bulan November 2008 ketika ia muncul di Rumah Sakit Nanavati di Mumbai untuk meresmikan sayap terapi audio dan wicara rumah sakit tersebut, yang mana ia merupakan donatur finansial utama.

6.James Earl Jones

“Saya tidak dapat berbicara dengan orang lain tanpa terputus-putus dan gagap. Saya masih gagap, tetapi saya telah belajar cara menggunakannya, cara mengatasinya,” kata James Earl Jones dalam sebuah wawancara dengan ABC pada tahun 2013.

7.Joe Biden

“Itu tidak ada hubungannya dengan kecerdasan Anda. "Itu tidak ada hubungannya dengan susunan intelektual Anda," kata Joe Biden di balai kota CNN pada bulan Februari tahun ini. Ia membuka diri tentang perjuangannya seumur hidup melawan kegagapan dan mengatakan hal itu kadang-kadang terjadi saat ia merasa sangat lelah.

Kendrik Lamar
8.Kendrick Lamar

"Saat masih kecil, saya dulu gagap. Saya pikir itulah sebabnya saya mencurahkan energi saya untuk membuat musik. Begitulah cara saya mengeluarkan pikiran saya, alih-alih menjadi gila sepanjang waktu," kenang Kendrick Lamar dalam sebuah wawancara dengan Spin Magazine.

9.Samuel L. Jacksondrik

"Saya gagap sangat, sangat, sangat parah untuk waktu yang lama...sampai-sampai saya berhenti berbicara selama, seperti, hampir setahun di sekolah," kata Samuel L. Jackson di The Howard Stern Show pada tahun 2016. Obatnya, tampaknya, adalah bersumpah.

10.Tiger Woods

"Saya tahu bagaimana rasanya menjadi berbeda dan terkadang tidak cocok... Saya juga gagap saat masih kecil dan saya akan berbicara dengan anjing saya dan dia akan duduk di sana dan mendengarkan sampai dia tertidur... 

Anda memiliki keluarga yang hebat dan penggemar berat seperti saya di pihak Anda. Sehatlah dan teruslah berjuang. Saya yakin Anda akan hebat dalam apa pun yang Anda lakukan," tulis Tiger Woods dalam sebuah surat kepada Dillon, seorang remaja yang gagap dan telah mencoba bunuh diri karena diganggu oleh teman-teman sekelasnya.

(Sandra/dari berabgai sumber).

Editor: redaksi

RELATED NEWS