Pengurus Pusat APMI SKP Temui Staf Khusus Menhub RI Bahas Program Vokasi Kemaritiman

redaksi - Rabu, 22 Februari 2023 09:41
Pengurus Pusat APMI SKP Temui Staf Khusus Menhub RI Bahas Program Vokasi KemaritimanKetua Umum APMI SKP Edward Semara Duran bersama Ketua Dewan Pembina Gabrie Goa dan Anggota Dewan Pembina Djaya beserta Pengurus Pusat Paulus Leitemia dan Klemens Makasar diterima dan berdialog dengan Bpk Mayjen Mar(Purn) Buyung Lalana, Staf Khusus Menhub RI Bidang Hubungan Antar Lembaga di Kantor Kemenhub, Senin (20/2). (sumber: WA Gaby G)

JAKARTA (Floresku.com) -  Pengurus Pusat APMI SKP(Asosiasi Pekerja Migran Indonesia Sektor Kemaritiman dan Perikanan) beraudiensi dengan Mayjen Mar (Purn) Buyung Lalana, Staf Khusus Menhub RI Bidang Hubungan Antar Lembaga di Kantor Kemenhub, Jakarta, pada Senin, 20 Pebruari 2023.

Tim APMI SKP terdiri atas Ketua Umumnya Edward Semara Duran, Ketua Dewan Pembina Gabrie Goa dan Anggota Dewan Pembina Djaya beserta Pengurus Pusat Paulus Leitemia dan Klemens Makasar

Audiensi tersebut dimaksudkan untuk membahas beberapa hal di antaranya, pertama, memperkenalkan APMI SKP sekaligus meminta Buyung menjadi Ketua Dewan Penasehat APMI SKP.

Kedua,mendukung Kemenhub untuk membuka Sekolah Menengah Kejuruan Kemaritiman di   Kabupaten Supiori di Papua sebagai pilot program vokasi kemaritiman guna mempersiapkan SDM Papua di sektor kemaritiman dan perikanan.

Ketiga,menjadikan Kabupaten Supiori,Papua menjadi Destinasi Pariwisata Bahari dan Pusat Industri Bahari di wilayah terluar NKRI.

Keempat, mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi dan kapasitas di bidang kemaritiman dan perikanan di bursa kerja nasional dan internasional! 

Satuan pendidikan vokasi sangat mendesak untuk dikembangkan di Indonesia, terutama di Indonesia bagia Timur karena bisa menjadi ujung tombak dalam upaya meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. 

Terkait ini Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, pernah mengklaim bahwa keberhasilan pendidikan vokasi bidang kemaritiman selama ini mampu memberikan lulusan yang benar-benar menjawab dan memenuhi tantangan dunia kerja maritim level internasional. (SP/Silvia). ***

RELATED NEWS