Penjaga Pantai Siprus Menangkap Kapten Kapal Migran Berusia 17 Tahun

redaksi - Senin, 17 Juli 2023 11:50
Penjaga Pantai Siprus Menangkap Kapten Kapal Migran Berusia 17 TahunContoh kapal yang biasa dipakai para migran dari Timur Tengah. (sumber: Vatican News)

SIPRUS (Floresku.com) - Sekelompok migran asal Suriah tiba di Siprus, karena laut yang tenang mendorong lebih banyak orang untuk melakukan penyeberangan Mediterania yang berbahaya. Memanfaatkan laut yang tenang melintasi Mediterania, sekelompok migran lain telah tiba di Siprus.

Menurut polisi setempat, 23 migran ditemukan di Cape Greco di ujung tenggara Siprus pada hari Jumat.

Hebatnya, dibocorkan lebih lanjut bahwa seorang remaja berusia 17 tahun menjadi kapten kapal yang membawa 23 orang di dalamnya, termasuk wanita dan anak-anak.

Remaja itu telah ditangkap dan akan diadili minggu depan.

Hanya dua hari sebelumnya, kapal serupa yang membawa 23 orang terlihat di lokasi yang sama dan dikawal ke pelabuhan lain di Siprus.

Semua penumpang telah naik ke Suriah, dan membayar ribuan dolar untuk mendapatkan tempat di kapal.

Pekan lalu, penjaga pantai Siprus juga mencegat dan menahan sebuah kapal yang membawa 49 orang di lepas pantai Paphos, di tepi barat pulau.

Kapal mereka dilaporkan telah meninggalkan Lebanon pada hari Senin, menuju Italia.

Siprus telah berjuang untuk menyerap sejumlah besar migran yang datang, karena berada di garis depan rute perdagangan orang UE melalui Mediterania.

Dengan laju kedatangan yang tak henti-hentinya, para pencari suaka, menurut pemerintah di Nicosia, kini berjumlah lima persen dari populasi pulau itu.

Badan Pengungsi PBB UNHCR mengatakan bahwa sepanjang tahun ini, 72.778 pengungsi telah tiba di Eropa dari selatan, termasuk 71.136 kedatangan melalui laut.

Dalam beberapa tahun terakhir, masalah perahu reyot dan tidak layak laut yang penuh dengan migran telah menjadi perhatian serius bagi pemerintah di seluruh kawasan. (Sumber: Vatican News). ***

Tags SuriahMigranSiprusBagikan

RELATED NEWS