Perang Ukraina Timbulkan Ancaman Langsung pada 7,5 Juta Anak-anak

redaksi - Kamis, 10 Maret 2022 22:39
Perang Ukraina Timbulkan Ancaman Langsung pada 7,5 Juta Anak-anakSeorang anak Ukraina dan ibunya yang terbunuh karena Perang Ukraina. (sumber: Time/google.com)

KIEV (Floresku.com) - Perang di Ukraina menimbulkan ancaman langsung dan terus meningkat terhadap kehidupan dan kesejahteraan 7,5 juta anak di negara itu.

Lebih dari 1 (satu) juta anak telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga dalam waktu kurang dari dua minggu sejak Rusia memulai invasinya ke Ukraina, kata kepala Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) pada Rabu (9 Maret).

Sedikitnya 37 anak tewas dan 50 lainnya terluka, kata Direktur Eksekutif Catherine Russell dalam sebuah pernyataan.

"Sekarang, operasi militer di Ukraina menimbulkan ancaman langsung dan terus meningkat terhadap kehidupan dan kesejahteraan 7,5 juta anak di negara itu. Air kritis, sanitasi, fasilitas listrik dan pemanas, dan infrastruktur sekolah telah rusak dan bobrok, sementara akses ke pembelajaran terhambat.

Kebutuhan kemanusiaan berlipat ganda dari waktu ke waktu saat pertempuran semakin intensif. Anak-anak telah dibunuh.

Anak-anak telah terluka. Lebih dari 1 juta anak telah melarikan diri dari Ukraina karena keluarga putus asa mencari keselamatan dan perlindungan.

Delapan tahun terakhir konflik di Ukraina telah menimbulkan kerugian yang mendalam dan abadi bagi anak-anak.

Dengan eskalasi konflik, ancaman langsung dan sangat nyata bagi anak-anak Ukraina telah tumbuh.

Rumah, sekolah, panti asuhan, dan rumah sakit semuanya diserang. Infrastruktur sipil seperti fasilitas air dan sanitasi telah terkena dampak, meninggalkan jutaan orang tanpa akses ke air bersih.

UNICEF bekerja dengan mitra untuk menyediakan pasokan kemanusiaan yang penting, dan untuk menjangkau anak-anak dan keluarga yang rentan dengan layanan penting, termasuk kesehatan, pendidikan, perlindungan, air dan sanitasi. (Silvia).

RELATED NEWS