PERARAKAN HARI MINGGU PALMA, Mengenang Sengsara Tuhan, 24 Maret 2024

redaksi - Sabtu, 23 Maret 2024 19:45
PERARAKAN HARI MINGGU PALMA, Mengenang Sengsara Tuhan, 24 Maret 2024Ilustrasi: Massa meymabut Yesus memasuki Kota Yerusalem (sumber: www.katolikku.com)

MEMPERINGATI YESUS MASUK YERUSALEM

* CARA PERTAMA: Perarakan
(Hanya ada 1 perarakan dalam 1 Misa Minggu ini di Paroki)

** CARA KEDUA: Upacara Masuk Meriah
Kalau perarakan di luar gereja tidak dapat dilaksanakan, peristiwa Yesus memasuki Kota Yerusalem dirayakan di dalam gereja dengan upacara masuk sebelum misa utama.

Umat berkumpul di depan pintu gereja atau di dalam gereja sambil memegang daun palma. Imam, para pelayan, dan para wakil umat pergi ke tempat yang cocok di dalam gereja -- bukan di panti Imam -- yang daapt dilihat oleh sebagaian umat yang hadir.

Sementara Imam dan para pelayan pergi ke tempat tersebut, dilagukan Antifon 'Hosana bagi Putra Daud' atau nyanyian lain yang sesuai. Kemudian Imam memberkati daun palma dan membacakan bacaan Injil tentang Yesus memasuki Kota Yerusalem. Sesudah pembacaan Injil, Imam, para pelayan dan wakil umat bergerak di dalam gereja menuju panti Imam. Sementara itu, dilagukan responsorium 'Ketika Tuhan memasuki' atau nyanyian lain yang sesuai.

Setelah tiba di altar, Imam menghormati altar, lalu menuju tempat duduk. Dengan menghilangkan bagian-bagian ritus pembuka misa, termasuk, bila ada Kyrie, Imam langsung mengucapkan doa pembuka. Kemudian misa dilanjutkan seperti biasa.

*** CARA KETIGA: Upacara Masuk Sederhana
Dalam semua misa lain pada hari Minggu ini, apabila tidak dapat diadakan upacara masuk meriah, peristiwa Tuhan memasuki Kota Yerusalem diperingati dengan upacara masuk sederhana. Waktu Imam menuju ke altar dilagukan antifon pembuka dengan mazmurnya atau nyanyian lain yang sesuai.

Setelah tiba di altar, Imam menghormati altar, lalu menuju tempat duduk. Sesudah membuat tanda salib, Imam memberi salam kepada umat. Kemudian misa dilanjutkan seperti biasa.

Dalam misa-misa yang lain, apabila tidak dilagukan nyanyian pembuka, Imam - sesudah tiba di altar - menghormati altar, menyampaikan salam kepada umat, membacakan antifon pembuka, dan melanjutkan misa seperti biasa.

*NYANYIAN PEMBUKA (PS 491-494; Mat 21:9 - umat berdiri -) (khusus cara 1 dan 2)
dapat diganti PS 494 apabila nyanyian sesudah Kau, Kristus Raja Pemenang ditiadakan
Ulangan: Hosanna Putra Daud, terpujilah yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel! Hosanna sembah sujud.
Ayat.
1. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! * Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
2. Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan * telah menjadi batu penjuru.
3. Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, * suatu perbuatan ajaib di mata kita.
4. Tuhan Allah, Dia menerangi kita. *  Ikatkanlah kurban hari raya itu dengan tali'
pada tanduk-tanduk mezbah.
5. Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu, *  Allahku, aku hendak meninggikan Dikau.

*TANDA SALIB DAN SALAM(umat berdiri)

I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

* PENGANTAR (umat duduk / berdiri)

I. Saudara-saudari terkasih, sudah sejak awal masa Prapaskah kita menyiapkan diri dengan ulah tobat dan karya amal kasih. Pada hari ini kita semua berkumpul dan bersama seluruh Umat Allah mengawali misteri Paskah Tuhan kita, yakni sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya.

Untuk menggenapi misteri inilah Yesus memasuki Yerusalem, kota-Nya. Oleh karena itu, marilah dengan penuh iman dan bakti kita mengiringi Tuhan sambil mengenangkan peristiwa yang menyelamatkan itu. Dengan demikian kita memetik buah salib suci, yakni kebangkitan dan kehidupan.

Yesus menunggang keledai memasuki Kota Yerusalem (Sumber: Katolikku.com)

* DOA PEMBERKATAN DAUN PALMA (umat berdiri)

Kemudian, sambil merentangkan tangan, Imam mengucapkan doa berikut:

I. Marilah kita berdoa:
Allah yang Mahakuasa dan kekal, kuduskanlah (+) (daun palma ini dengan berkat-Mu. Semoga kami, yang mengiringi Raja Kristus dengan sukacita, diperkenankan memasuki Yerusalem abadi bersama Dia, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U. Amin.

Lalu Imam memerciki daun palma dengan air suci tanpa mengucapkan apa-apa. Kemudian Diakon (bukan Prodiakon) atau, kalau tidak ada, Imam sendiri memaklumkan Injil yang mengisahkan Tuhan memasuki kota Yerusalem. Kitab Injil dapat didupai.

*BACAAN INJIL (Mrk 11:1-10 / Yoh 12:12-16 ) -umat berdiri - (bacaan untuk Cara 1 dan 2, untuk cara 3 bacaan ini ditiadakan)

"Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Suci menurut Markus/Yohanes:

Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya.

Ia akan segera mengembalikannya ke sini." Merekapun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya. Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?"

Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka. Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!"

atau Yohanes 12:12-16

Menjelang hari raya Paskah, ketika orang banyak yang datang untuk merayakan pesta mendengar bahwa Yesus sedang dalam perjalanan menuju Yerusalem, mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru, "Hosanna!

Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" Yesus menemukan seekor keledai muda, lalu naik ke atasnya, seperti ada tertulis: Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah Rajamu datang, duduk di atas seekor keledai.

Mula-mula para murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan mereka telah melakukannya juga untuk Dia.

* HOMILI SINGKAT

Untuk memulai perarakan, Imam atau Diakon atau pelayan awam menyampaikan ajakan dengan kata-kata ini atau yang senada.

P. Saudara-saudari yang terkasih, marilah kita mencontoh khalayak di Yerusalem yang mengelu-elukan Yesus. Marilah kita berarak dalam damai.

*PERARAKAN (Cara 1 dan 2)

Seperti biasa perarakan mulai bergerak menuju gereja tempat misa akan dirayakan. Jika dipakai dupa, seorang pelayan dupa berjalan paling depan sambil mengayun-ayunkan pendupaan yang berasap; menyusul seorang pelayan pembawa salib yang (seturut kebiasaan setempat) dihias dengan daun palma, diapit oleh dua pelayan yang membawa lilin bernyala.

Menyusul Diakon (Jika tidak ada diakon: pelayan awam lain) yang membawa Evangeliarium, Imam dan para pelayan lain, dan akhirnya seluruh umat, yang berarak sambil melambai-lambaikan daun palma. Sementara perarakan berlangsung dilagukan nyanyian-nyanyian yang sesuai untuk menghormati Raja Kristus.

*NYANYIAN PERARAKAN (PS 495) (cara 1 dan 2) atau NYANYIAN SELAMA IMAM MEMERCIKI DAUN PALMA (khusus cara 3)
Ulangan: Kau, Kristus Raja pemenang, Kau Kristus Raja mulia. Ya Kristus, Kau Raja jaya s'lamanya.
1. Ber-so-rak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, beribadahlah kepada Tuhan dengan suka cita!
2. Datang-lah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!Ketahuilah bahwa Tu-han-lah Al-lah.
3. Masuk-lah melalui pintu gerbangnya dengan nya-nyian syukur,
bersyukurlah kepada-Nya, pu-ji-lah na-ma-Nya.
4. Ke-mu-liaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Ku-dus: seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala a- bad. Amin.

* NYANYIAN PERARAKAN 1 (PS 492A, khusus cara 1)
Ulangan: Anak-anak Ibrani * membawa ranting-ranting zaitun; mereka menyambut Tuhan, seraya menyerukan: Hosanna sembah sujud.
Ayat.
1. Milik Tuhanlah bumi dan segala isinya, *jagad dan semua yang diam didalamnya.
2. Sebab DIalah yang mendasarkan bumi di atas lautan, *dan menegakkannya di atas sungai-sungai.
3. Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, + dan bukalah dirimu lebar-lebar, hai pintu-pintu abadi, *supaya masuklah Raja Kemuliaan.
4. "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" * Tuhan yang jaya dan perkasa, Tuhan yang perkasa
dalam peperangan.
5. Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, + dan bukalah dirimu lebar-lebar, hai pintu-pintu abadi, * supaya masuklah Raja Kemuliaan.
6. "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" * "Dialah Tuhan semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan."
7. Kemuliaan kepada Bapa, * dan Putra, dan Roh Kudus.
8. Seperti pada permulaan, sekarang, selalu * dan sepanjang segala abad.

* NYANYIAN PERARAKAN 2A (PS 493, khusus cara 1)
Ulangan: Hormat puji dan sembah bagi-Mu, ya Kristus Penebus, yang diarak anak-anak dengan sorak: Hosanna!
Ayat.
1. Kau Raja Israel, turunan mulia Daud, Kau Raja mulia, datang dalam nama Tuhan!
2. Laskar isi surga serta manusia fana, dan segenap makhluk bersorak memuji Dikau.
3. Rakyat menyambut-Mu dengan daun palma. Kami turut serta dengan doa dan nyanyian.
4. Hormat kepada-Mu yang kelak 'kkan menderita. Bagi-Mu, ya Raja, bergema madah pujian.
5. Sambut bakti kami seperti bakti mereka, Raja maharahim yang merelakan yang baik.

* NYANYIAN PERARAKAN 2B (PS 548, khusus cara 1)
Ulangan. Kristus jaya, Kristus mulia, Kristus Kristus Tuhan kita.
1. Hai segala bangsa, bertepuk-tanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai.
2. Sebab Tuhan Mahatinggi adalah dahsyat, Raja seluruh bumi.
3. Ia menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasa kita, Ia menundukkan suku-suku bangsa ke bawah telapak kaki kita.
4. Dia pilih bagi kita tanah pusaka kebanggaan Yakub.
7. Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, bermazmurlah dengan lagu yang palin indah.
6. Bermazmurlah bagi Allah, ya bermazmurlah! Kidungkanlah Mazmur.

* NYANYIAN PERARAKAN 3 MB#398: Yerusalem, Lihat Rajamu
1. Di kala Yesus disambut di gerbang Yerusalem,
umat bagai lautan dengan palma di tangan
Di kala Yesus disambut di gerbang Yerusalem,
umat bagai lautan dengan palma di tangan
gemuruh sorak dan sorai, "Kristus Raja Damai"

Yerusalem, Yerusalem, lihatlah rajamu Hosanna terpujilah, Kristus raja mahajaya (2x)

2. Lihatlah Kristus Tuhanmu, Dialah Penebusmu duka hati terhibur, hina cela terlebur
Lihatlah Kristus Tuhanmu, Dialah Penebusmu duka hati terhibur, hina cela terlebur
maka lekaslah bersyukur, luhurkan nama-Nya.

Yerusalam, Yerusalem, lihatlah rajamu Hosanna terpujilah, Penebus umat manusia (2x)

3. Dan di akhir dunia nanti Kristus raja abadi, hadirlah yang dinanti, wajah bumi berganti,
Dan di akhir dunia nanti Kristus raja abadi, hadirlah yang dinanti, wajah bumi berganti,
seluruh alam bernyanyi luhurkan nama-Nya.

Yerusalem, Yerusalem lihatlah rajamu, hosanna, terpujilah Kristus pembaharu dunia (2x) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS