Periksa HPmu! Mulai Hari Ini Aplikasi Google Disetel untuk Diblokir Jutaan Ponsel Android Versi Lama

redaksi - Senin, 27 September 2021 20:19
Periksa HPmu! Mulai Hari Ini Aplikasi Google Disetel untuk Diblokir Jutaan Ponsel Android Versi Lama HP Android versi lama bakal tak bisa gunakan layanan ppopler Google (sumber: the-sun.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Periksa HPmu segera! Apa versi Android yang Anda miliki? Langkah ini penting karena aplikasi Google disetel untuk diblokir jutaan HP Android versi lama di seluruh dunia. Dengan begitu, seluruh HP Androin versi lama akan  kehilangan akses ke Maps, YouTube, Gmail, dan aplikasi Google populer lainnya hari ini, Senin, 27 September 2021.

Demikian artikel yang ditulis Harry Pettit, Deputy Technology and Science Editoe, yang tayang the-sun.com 7:33 ET, Sep 27 2021, updated: 7:55 ET, Sep 27 2021.

Disebutkan pengguna sistem operasi Android versi yang dikeluarkan satu dekade harus memperberaui perangkatnya agar dapat masuk ke ekosistem raksasa pencarian google. 
Untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda akan terpengaruh, buka aplikasi pengaturan gadget Anda. Ketik Lanjutan Sistem > Pembaruan Sistem.

"Periksa "Versi Android" Anda. Jika di atas Android 2.3, maka Anda aman," tulis the-sun lagi.

Kemungkinannya adalah, perangkat Anda tidak akan terpengaruh oleh pemblokiran tersebut - kecuali Anda telah mengabaikan pembaruan perangkat lunak Android selama satu dekade atau lebih.

Peringatan untuk memeriksa HP penting karena kebanyakan orang mengatur ponsel mereka untuk mengunduh pembaruan secara otomatis saat dirilis.

“Itu berarti Anda kemungkinan besar tidak akan menggunakan versi Android yang lebih baru yang tidak terpengaruh oleh penonaktifan aplikasi Google."

Ponsel Android mana yang akan diblokir dari aplikasi Google?
Google mengumumkan aplikasi ditutup dalam sebuah posting singkat di situs webnya.

Raksasa teknologi itu mengatakan pihaknya berencana untuk memblokir pengguna agar tidak masuk dengan Akun Google mereka di perangkat yang menggunakan Android 2.3.

HP Androdi versi lama

Versi lama dari sistem operasi Google diluncurkan pada Desember 2010. Larangan itu mulai berlaku pada 27 September.

Kecuali pengguna memperbarui ponsel mereka, mereka akan dikunci dari perangkat lunak di ponsel itu untuk selamanya.

Masalahnya adalah, beberapa ponsel lama tidak dapat memperbarui ke yang lebih baru dari Android 2.3.

HP atau Smartphone yang tetap menggunakan Android 2.3 termasuk Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Api, dan Motorola XT532. (MLA) ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS