Peringati Hari Pelaut Sedunia, KSOP Maumere dan Pelindo Maumere Ajak Warga Jaga Kebersihan Laut dan Pelabuhan Lorens Say

redaksi - Senin, 26 Juni 2023 18:19
Peringati Hari Pelaut Sedunia, KSOP Maumere dan Pelindo Maumere Ajak Warga Jaga Kebersihan Laut dan Pelabuhan Lorens SayKepala bersama Personil KSOP Maumere dan GM bersama karyawan Pelindo Maumere berfoto bersama saat bakti sosial membersihkan area Pelabuhan Lorens Say, dalam rangka memperingati HPS, Senin 26 Juni 2023. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -  Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia (HPS), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP ) dan PT. Pelindo (Persero) Cabang Maumere mengajak warga untuk selalu menjaga kebersihan laut dan kawasan Pelabuhan Lorens Say, Maumere. 

Ajakan tersebut dilakukan sembari menggelar kegiatan bersih laut di kawasan Pelabuhan Lorens Say Maumere, Senin, 26 Juni 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan semua instansi stakehokder, mulai dari KP3 Laut, Polairud, TNI AL serta sekolah pelayaran. 

Mereka bersamasama membersihkan pesisir laut di Pelabuhan Lorens Say dengan titik kumpul bertempat di Pelabuhan Lorens Say,  Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Kepala KSOP Kelas lV Laurentius Say Maumere, Johanes Ola, saat diwawancarai media  ini  mengatakan,  “Peringatan Hari Pelaut Sedunia yang jatuh pada Minggu, 25 Juni merupakan bentuk penghargan yang diberikan kepada pelaut yang membantu dalam pendistribusian barang ke seluruh daerah.”

"Dasar kegiatan tadi berdasarkan surat dari Dirgjn Kementerian Laut dalam rangka memeriahkan Hari Pelaut Sedunia (HPS). HPS tahun ini diisi dengan kegiatan kampaye keselamatan dan bersih laut karena laut wajib dilindungi", ucap Ola.

Lebih lanjut Ola menghimbau  kepada masyarakat yang ada di sekitar Pelabuhan Lorens Say agar selalu menjaga kebersihan laut di sekitar pelabuhan dan kebersihan pelabuhan Lorens Say sendiri.

"Saya meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga perairan, pantai dan pelabuhan ini selalu bersih jadi tugas kita untuk menjaga kebersihan bersama", tuturnya.

Sementara itu ditempat terpisah General Manager PT Pelindo (Persero) Cabang Maumere Erry Ardiyanto, kepada media ini,  mengatakan, "Pihak Pelindo bersama instansi yang berada di Pelabuhan Maumere yang mana dipimpin langsung oleh Kepala KSOP Maumere, berpartisipasi membersihan laut, selokan, serta wilayah pelabuhan".

Erry juga menjelaskan, membersihkan laut dan area pelabuhan harus selalu dilakukan setiap hari. "Idealnya, kita selalu menjaga kebersihan tanpa harus menunggu HPS ataupun hari-hari besar lainny.  Karena di lautlah kita berjaya", ucapnya.

Menurut dia, adapun kendala dalam membersihkan laut dan wilayah pelabuhan yakni kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sembarangan meskipun sudah disiapkan tempat sampah.

Di akhir perbincangan dia menyampaikan, “Selamat Hari Pelaut sedunia! Laut layak dilindungi!” “Ke depannya kita diharapkan untuk sama-sama menjaga laut dan kebersihannya demi anak cucu kita,” pungkasnya. (Mardat). ***

RELATED NEWS