Perwakilan Diaspora Katolik Indonesia dari 70 Negara Akan Hadir Misa Paskah Bersama

redaksi - Selasa, 03 Mei 2022 10:51
 Perwakilan Diaspora Katolik Indonesia dari 70 Negara Akan Hadir Misa Paskah BersamaAM Putut Prabantoro, Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Paskah bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia. (sumber: Dokpri)

JAKARTA (Floresku.Katolikku.com) - Untuk pertama kali, acara Paskah Bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia ini melibatkan ratusan peserta dari 70 negara di lima benua di dunia.

Melalui keterangan tertulis, Senin, 02 Mei 2022, AM Putut Prabantoro, Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Paskah bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia  mengemukakan bahwa perayaan  tersebut akan didukung oleh lima komunitas yakni PWKI (Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia), Missionaris Indonesia, IRRIKA (Ikatan Rohaniwan-Rohaniwati Indonesia Di Kota Abadi atau Roma), Jaringan KKI Diaspora Sedunia dan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) serta didukung penuh oleh KBRI Untuk Tahta Suci (Vatikan).

Menurut Putut alasan pelibatan lima komunitas Katolik Indonesia itu, terkait dengan pernyataan Paus Fransiskus dalam pesannya pada perayaan Vita Consecrata-Hidup Bakti, pada 02 Februari 2022.

“Paus dengan tegas menyebut Indonesia sebagai pulau-pulau panggilan. Sebagai konsekuensinya, dalam konteks ini adalah Indonesia tidak hanya berarti Gereja Katolik Indonesia tetapi lebih luas lagi yakni bangsa-negara Indonesia yang merupakan satu kesatuan,” kata Putut.

Perayaan Paska Bersama akan diadakan secara online pada Sabtu, 07 Mei 2022 pukul 15.00 WIB iitu dipersembahkan secara khusus kepada para misionaris Indonesia yang berkarya di 70 negara tersebut.

Perayaan Paskah Bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia bertema "Indonesia to The Continents”.

Perayaan ini akan diawali dengan misa konselebrasi oleh Rm Leonardus Mali (Roma), Rm Agustinus Purnomo MSF (Norwegia), Rm Paul Halek SSCC (Roma) dan Rm Markus Solo Kewuta SVD (Vatikan). ***

RELATED NEWS