Pesan Paus Fransiksus bagi Para Klerus dan Biawawan/ti Irak: Kebencian dan Kekerasan Tak Selaras dengan Ajaran Agama

Redaksi - Jumat, 05 Maret 2021 10:47
Pesan Paus Fransiksus bagi Para Klerus dan Biawawan/ti Irak:  Kebencian dan Kekerasan  Tak Selaras dengan Ajaran AgamaPaus Fransiskus (sumber: 2021/03/1614958725231.jpeg)

BAGHDAD (Floresku.com) - Hari ini, Jumat 5 Februari, Paus Fransiskus bertemu dengan para uskup, klerus dan para biawan/ti di Katedral Our Lady of Salvation di Baghdad.  Dia menekankan pentingnya menabur benih rekonsiliasi dan koeksistensi persaudaraan yang dapat mengarah pada kelahiran kembali harapan bagi semua orang. 

Paus Fransiskus menegaskan hal ini menyikap serangan teroris yang menewaskan anak-anak, dan dua pastor muda  di Katedral Syro-Catholic Our Lady of Salvation di Baghdad pada 31 Oktober 2010 silam.  Setelah lebih dari sepuluh tahun sejak peristiwa mengerikan itu, Paus Fransiskus datang ke tempat ibadah ini pada hari Jumat, hari pertama Kunjungan Apostoliknya ke Irak.

Di sana dia bertemu dengan para uskup, klerus, religius, seminaris, katekis, dan pemimpin awam, mencatat bahwa mereka “berkumpul di Katedral Bunda Keselamatan, disucikan oleh darah saudara-saudari kita yang di sini membayar harga tertinggi kesetiaan mereka kepada Tuhan dan Gereja-Nya. "

Berkenaan dengan hal tersebut Lydia O’Kane dari Vatican News menulis bahwa Paus Fransiskus menekankan beberapa poin penting sebagai berikut:

Virus keputusasaan
Kepada mereka yang hadir, Paus mengatakan  untuk tidak pernah mengunci semangat kerasulan mereka dalam menghadapi tantangan sehari-hari, terutama selama masa pandemi ini.

“Kita tahu betapa mudahnya tertular virus keputusasaan yang kadang-kadang tampaknya menyebar di sekitar kita,” katanya. “Namun Tuhan telah memberi kami vaksin yang efektif untuk melawan virus jahat itu. Itu adalah harapan yang lahir dari ketekunan doa dan kesetiaan setiap hari kepada kerasulan kita. "

Paus Fransiskus melanjutkan dengan mengatakan bahwa dengan vaksin ini, "kita dapat pergi dengan kekuatan yang diperbarui, untuk berbagi sukacita Injil sebagai murid misionaris dan tanda-tanda hidup dari kehadiran kerajaan kekudusan, keadilan dan perdamaian Allah."

Ketekunan di tengah kesulitan
Paus juga menyoroti kesulitan yang dihadapi begitu banyak umat beriman Irak dalam beberapa dekade terakhir. Dia berbicara tentang efek perang dan penganiayaan, kerapuhan infrastruktur dasar dan perjuangan berkelanjutan untuk keamanan ekonomi dan pribadi yang sering menyebabkan perpindahan internal dan migrasi banyak orang, termasuk orang Kristen, ke bagian lain dunia.

Paus Fransiskus juga berterima kasih kepada "saudara uskup dan imamnya" karena tetap dekat dengan umat mereka; dan dia mendorong mereka untuk bertekun dalam upaya ini, "untuk memastikan bahwa komunitas Katolik Irak, meskipun kecil seperti biji sesawi, terus memperkaya kehidupan masyarakat secara keseluruhan."

Persatuan persaudaraan
“Kasih Kristus,” kata Paus, “memanggil kita untuk mengesampingkan setiap jenis egoisme atau persaingan; itu mendorong kita ke persekutuan universal dan menantang kita untuk membentuk komunitas saudara dan saudari yang menerima dan peduli satu sama lain. "

“Betapa pentingnya kesaksian persatuan persaudaraan di dunia yang seringkali terfragmentasi dan terkoyak oleh perpecahan,” katanya. “Setiap upaya yang dilakukan untuk membangun jembatan antara komunitas dan lembaga gerejawi, paroki dan keuskupan akan berfungsi sebagai isyarat kenabian dari pihak Gereja di Irak dan tanggapan yang berbuah atas doa Yesus agar semuanya menjadi satu.”

Simpul yang tidak mengikat
Dalam pidatonya, Paus Fransiskus menunjukkan bahwa kadang-kadang “kesalahpahaman dapat muncul dan kita dapat mengalami ketegangan tertentu; ini adalah simpul yang menghalangi jalinan persaudaraan. "

Paus selanjutnya berkata, “Itu adalah simpul yang kita bawa di dalam diri kita sendiri; bagaimanapun juga, kita semua adalah orang berdosa. Namun simpul ini dapat dilepaskan oleh kasih karunia, dengan kasih yang lebih besar; mereka dapat dilonggarkan dengan obat pengampunan dan dengan dialog persaudaraan, dengan sabar menanggung beban satu sama lain dan memperkuat satu sama lain di saat-saat pencobaan dan kesulitan. ”

Jadilah ayah sejati
Dalam sebuah pesan khusus kepada para kaumlaki-lakinya,  Paus mendesak mereka untuk semakin membina hubungan  dekat dengan para imam mereka.

“Biarlah mereka tidak melihat Anda hanya sebagai administrator atau manajer, tetapi sebagai ayah sejati, peduli terhadap kesejahteraan mereka, siap menawarkan dukungan dan dorongan dengan hati terbuka,” katanya.

Rawat kawanan Anda
Paus Fransiskus juga mengundang para imam, religius, katekis, dan seminaris yang hadir untuk keluar di antara kawanan dan memberikan perhatian khusus kepada mereka yang berisiko ditinggalkan, seperti orang muda, orang tua, orang sakit dan orang miskin.

“Jadilah imam,  abdi umat,  bukan berperilaku sebagai seorang pegawai negeri,” katanya.

Korban kekerasan
Mengalihkan pikirannya lagi kepada saudara-saudari yang tewas dalam serangan teroris di Katedral ini sekitar sepuluh tahun yang lalu, dan yang penyebab kanonisasinya sedang berlangsung, Paus menekankan bahwa "kematian mereka adalah pengingat yang kuat yang memicu perang, sikap penuh kebencian, kekerasan atau pertumpahan darah tidak sesuai dengan ajaran agama yang otentik. "

Dia juga mengingat semua korban kekerasan dan penganiayaan, terlepas dari agama mana mereka berasal.

Berbahagialah orang yang membawa damai
Di Katedral yang luas ini, Paus Fransiskus berterima kasih kepada semua yang berkumpul atas upaya mereka untuk menjadi pembawa damai, di dalam komunitas mereka dan dengan penganut tradisi agama lain, "menabur benih rekonsiliasi dan koeksistensi persaudaraan yang dapat mengarah pada kelahiran kembali harapan bagi semua orang."

Paus  juga menyebut semua orang muda Irak sebagai "tanda janji dan harapan bagi dunia,  khususnya di negaranya ini.

Saksi janji Tuhan
Mengakhiri pidatonya, Paus mengatakan kepada uskup, imam dan biaarawan/ti bahwa mereka adalah bagian dari sejarah panjang yang dengan setia menjadi saksi "janji Tuhan yang tidak pernah gagal saat mereka berusaha untuk membangun masa depan yang baru."

"Semoga saksimu," katanya, "menjadi dewasa melalui kesulitan dan diperkuat oleh darah para martir, menjadi cahaya yang bersinar di Irak dan sekitarnya, untuk mewartakan kebesaran Tuhan dan membuat roh orang-orang ini bersukacita di dalam Tuhan Juruselamat kita. "

Sebelum meninggalkan Katedral, Paus Fransiskus menandatangani buku tamu dengan kata-kata:

"Sebagai seorang yang bertobat dan peziarah iman dan perdamaian di Irak, saya meminta Tuhan untuk memberikan orang-orang ini, melalui perantaraan Perawan Maria, kekuatan untuk membangun kembali negara dalam persaudaraan." (VN/MLA)

RELATED NEWS