Pesona Wisata di Tanah Sumba: Air Terjun dan Kolam 'Zamrud' Wai Marang yang Kece

redaksi - Kamis, 18 November 2021 12:54
Pesona Wisata di Tanah Sumba: Air Terjun dan Kolam 'Zamrud' Wai Marang yang KeceAir terjun dan kolam alamiah, Wai Marang, Sumba Timur. (sumber: Istimewa)

KEINDAHAN alam tanah Sumba menyebar dari barat hingga ke timur. Tak kalah dengan Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Timur juga punya banyak destinasi wisata yang yang cukup mencuri hati traveler. 

Salah satunya adalah Air Terjun Waimarang yang berlokasi  di Wai Marang,  Desa Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur.

Selain  air terjun, lokasi dilengkapi kolam renang alamiah yang indah. Kolam ini dilingkupi dinding batu yang megah menciptakan sensasi seolah tengah berada di dalam gua.

Apalagi kolam ini memiliki airnya yang jernih, kebiru-biruan, dan juga dalam, sehingga cocok sekali bagi traveler yang suka berenang.

Para traveler yang pernah mengalami sensasni berenang di kolam ini meringkaskan pengalamannya dengan menyebut sebagai ‘kolam Zamrud’.

Air Terjun dan Kolam alamiah ‘Zamrud’ Waimarang, Sumba (Foto: Robby)

“Nah, harta apa yang bisa kamu temukan di sini?  Pastinya pengalaman yang tak terlupakan!’ Begitu tulis akun facebook, Pariwsata Indonesia, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, sejauh ini belum banyak traveler yang mengetahui dan bisa mengakses air terjun dan kolam alamiah ini. Pasalnya,  destinasi wisata alam ini berada di lokasi yang  ‘tersembunyi’. Siapa pun yang hendak ke sana harus meminta petunjuk arah dari warga setempat. 

Selain itu, jalan di sana belum  memiliki penanda. Lebih dari pada itu,  terdapat  beberapa pendakian di bukit yang cukup terjal.

Pada akun twitter Airy Indonesia@airyindonesia, Indina Farah menulis begini: “Sumba emang punya banyak sekali destinasi yang kece! Destinasi satu ini adalah air terjun Waimarang. Keindahan air terjun ini harus kamu bayar dengan melewati jalan terjal berbukit yang sangat menguras tenaga.”

“Ajak temen kamu ke sini yuk!” tulis IG @indinafarah ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS