Pesona Wisata di Tanah Sumba: Air Terjun Waikelo Sawah

redaksi - Senin, 15 November 2021 11:22
Pesona Wisata di Tanah Sumba: Air Terjun Waikelo SawahAir terjun Waikelo Sawah di Sumba Barat Daya (sumber: www.tempatwisata.pro)

TAMBOLAKA (Floresku.com) - Apakah Anda selalu ingin melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dan melihat langsung sebuah peradaban kuno?

Di Sumba, sebuah pulau misterius dan “liar”yang terletak di Nusa Tenggara Timur, sebelah barat daya Flores, Anda bisa menjumpai desa-desa tradisional yang dibangun di atas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu bersejarah. Jika Pulau Skull dari film King Kong itu sungguhan ada, sepertinya Sumba layak jadi kandidat pulau tersebut.

Bahkan, ritual perburuan kepala manusia masih terus berlanjut dan Anda benar-benar bisa menemukan “pohon tengkorak” di beberapa desa di mana kepala yang terpenggal dipajang.

Di sini, hamparan padang rumput dan perbukitan batu kapur memberi nuansa tersendiri, sementara desa-desa di puncak bukit dengan rumah-rumah beratap ilalang “dijaga” oleh makam megalitik.

Jangan salah, Sumba juga merupakan salah satu tujuan utama bagi para surfer dari seluruh dunia.

Waitabula, kota besar yang paling timur di Sumba merupakan pintu gerbang barat Anda menuju Sumba dan menjadi tempat bandara terbesar dan paling modern di pulau ini, yaitu Bandara Tambolaka.

Di sisi lain, ibu kota Waingapu adalah pilihan tepat jika Anda ingin memenuhi berbagai kebutuhan pokok, seperti makanan, obat-obatan, dan untuk merencanakan perjalanan serta moda transportasi.

Untuk mencapai tanah Sumba, Anda yang berdomisili di Jakarta dapat menggunakan pesawat menuju Bandara Ngurah Rai, Bali (sekitar 2 jam). Tiket PP mulai dari Rp1.171.200. Selanjutnya melanjutkan penerbangan ke Tambolaka (sekitar 1,5 jam) menggunakan dengan tiket PP mulai dari Rp1.155.000. Kalau sudah terlanjur ke Kupang, ibukota NTT, Anda bisa terbang langsung dari Bandara Eltari ke Bandara Tambolaka.

Tanah Sumba memiliki banyak destinasi wisata yang mempesona. Dari air terjun spektakuler sampai desa-desa kuno, Sumba pasti akan menjadi tujuan yang tidak akan Anda lupakan. Meski perlahan mulai mendapat daya tarik di media sosial, pulau ini masih dianggap sebagai destinasi yang cukup tersembunyi.  Jadi jika Anda tertarik melakukan petualangan eksotis, segera kemasi barang-barang dan bergegaslah ke tanah sumba. 

Berikut beberapa destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Air Terjun  Waikelo Sawah dan Gua dengan Kolam Berwarna Biru

Air Terjun Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya. Air Terjun bertingkat  terletak di wilayah tanah tandus dan jarang terjadi hujan. Namun, air terjun ini malah menjadi sumber mata air yang tidak pernah surut.

Foto: @gila_boban

Menurut penelitian oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya ditemukan bahwa debit air yang mengalir bisa dibilang cukup deras sekitar 1000 liter/ sekon. Berlimpahnya aliran air terjun tersebut memberikan manfaat yang luar biasa bagi penduduk desa sekitar.

Sumber mata air alami tersebut berada di dalam sebuagh gua eksotis, kemudian mengalir ke luar, lalu air tersebut diatur oleh irigasi yang ada di depan gua tersebut. 

Foto: @gila_boban

Sejak 1976, pemerintah Indonesia sudah menarh perhatian pada Waikelo Sawah. Waktu itu pembangunan difokuskan pada sistem irigasi dan PLTA, bukan pada pariwisata. 

Namun, belakangan ini, Waikelo Sawah bertumbuh menjadi sebuah destinasi wisata. Pesona Waikelo Sawah, bukan saja ppada air terjun, gua eksotis dengan kolam air berwarna biru, melainkan juga tanaman hijau yang tumbuh di bawah kaki bukit,  areal persawahan yang luas. 

Foto: @gila_boban

. Waktu terbaik untuk mengunjungi Waikelo Sawah adalah sekitar bulan Februari, Maret dan November. Anda akan bisa menyaksikan ritual tradisional tahunan di Sumba seperti Pasola (adu tombak sambil menunggang kuda) dan Wula Podu, sebuah tarian sakral.

Bagaimana cara ke Waikelo Sawah? Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Wewewa Timur, Sumba. Anda pasti melewatinya dalam perjalanan dari Bandara Tambolaka ke pusat kota Waikabubak. Jaraknya sekitar 12 km dari ibu kota Tambolaka dan memakan waktu sekitar 40 menit dengan mobil. Anda juga bisa menggunakan ojek dari Tambolaka.***

RELATED NEWS