Plt Kakanwil Kemenag dan Kadis PK Provinsi NTT Melakukan Safari Pendidikan di Kabupaten Ende

redaksi - Rabu, 22 September 2021 22:36
Plt Kakanwil Kemenag dan Kadis PK Provinsi NTT Melakukan Safari Pendidikan di Kabupaten EndeKadis PK provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd.M.Pd ( Kiri) PLT KANWIL Kemenag Provinsi NTT, Hasan Manuk, S.Pd, M.Pd. ( tengah) (sumber: Bob Sina)

Ende ( Floresku.com) – Sebagai upaya  sinkronisasi dan harmonisasi data ASN pendidik  yang ada di sekolah – sekolah, baik yang dikelola oleh Pemprov NTT maupun Kementerian Agama (Kemenag), Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag NTT, Hasan  Manuk, M.Pd, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Kadis PK) Provinsi  NTT, Linus Lusi, M.Pd,  melakukan safari pendidikan di Kabupaten Ende, Rabu, 22 September 2021.

Sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan safari kali ini adalah adalah  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasubag  Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Ende Niko N. Payong, S.Ag., Kadis PK  Ende, Mensi Tiwe, S.E. , Ketua PGRI Kabupatern Ende Albinus Minggu, S.Pd, Kooordinator Pengawas  Dikmen  Dra, Farah Aroeboesman, para Kepala sekolah  dan perwakilan guru  ASN SMA/MA/SMAK  dan SMK se – Kabupaten Ende.

Kadis PK Provinsi NTT, Linus Lusi, dalam arahannya kepada para ASN  mengatakan bahwa saatnya  dua instansi pemerintah yang menangani pendidikan di NTT  untuk mengaktualisasikan sinergi dan kolaborasi berupa sinkronisasi dan harmonisasi data guru  baik  permintaan maupun  penyaluran tenaga guru sesuai dengan tata kelola yang efektif. 

Linus mencontohkan, misalkan ada beberapa guru Pemprov NTT yang mengajar di sekolah – sekolah milik Kemenag dan guru – guru Kemenag yang mengabdi di sekolah milik pemprov NTT.  Muara dari semua kegiatan  ini adalah harmonisasi  dan sinkronisasi data ASN pendidik,  sehingga guru yang mengabdi silang instansi kepemilikannya kembali ke jalur pengelolaan yang sebenarnya. 

Tujuannya, lanjutnya lagi, adalah untuk perbaikan dan tindak lanjut  hak dan kewajiban ASN , seperti informasi mutu, kebijakan pendidikan. tunjangan sertifikasi, meningkatkan  kinerja pendidk dan mendorong  jejaring pemantauan supervisi.  

“Hasil dari safari pendidikan ini akan dilaporkan kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur untuk ditindaklanjuti  sebagai data base kepegawaian sesuai dengan sistim kepegawaian ASN di NTT," ujarnya. 

ASN Kemenag dan Dinas PK Provinsi NTT di Kabupaten Ende sedang mengikuti kegiatan monitoring dan pembinaan ASN. ( Foto Bob Sina)

Sementara itu Plt Kakanwil Kemenag NTT, Hasan Manuk. M.Pd. dihadapan para ASN mengungkapkan perasaan bahagia  ketika berada ditengan- tengah ASN pendidik di kabupaten Ende, mengawali arahannya  dengan pantun pembukaan yang bernada syukur bahwa sehat itu penting di atas segala - galanya. 

“Kenikmatan hidup itu ada pada kesehatan ujarnya. Negara telah menyiapkan gajii untuk ASN tetapi negara tidak minanbobokan ASN dengan gaji. Di masa pandemi Covid-19 ini, semua sektor ekonomi lumpuh, ribuan pekerja seperti pilot dan pramugari di PHK, tapi   adakah ASN yang di PHK?” ujarnya. 

Menurut dia, sebetulnya ASN kurang merasakan dampaknya, karena negara tetap memberikan gaji sesuai haknya. 

Hasan Manuk beharap agar ASN  di Kemenag dan Dinas PK NTT berpegang teguh pada nilai dasar  seperti berakhlak, berkarakter, cerdas, berorintasi pelayanan, kompeten, loyal, harmonis, akuntabel, adaptif dan kolaboratif dalam pelayanan. 

“Jauhi kesombongan dan  judi, karena tidak ada kesenangan yang didapat dengan mudah, pesannya. Hidup itu perlu diperjuangkan bukan dipertandingkan, kalau ada pertandingan berarti ada perlombaan, kalau sudah ada perlombaan tentu ada persaingan yang akan melahirkan iri hati.  Sebagai ASN guru  Hasan manuk menegaskan profesi guru adalah profesi yang membanggakan, oleh karena itu buktikan integritas dan kualitas kinerjanya kepada peserta didik dan  kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur,” pungkasnya. ( Bob Sina)  

Editor: Redaksi

RELATED NEWS