Presiden Jokowi Merombak Kabinet Indonesia Maju

redaksi - Rabu, 15 Juni 2022 15:49
Presiden Jokowi Merombak Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan menteri baru untuk mengisi Kabinet Indonesia Maju, Rabu, 15 Juni 2022, siang. (sumber: Muchlis-BPMI Setpres)

JAKARTA (Floresku.com)  -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak personil Kabiner Indonesia Maju dengan memberhentikan dua menteri dan wakil menteri, dan mengantikannnya dan menambah dua wakil menteri baru.

Menteri dan wakil menteri yang dicopot Jokowi adalah Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi,
Menteri ATR/BPN: Sofyan Djalil,  dan Wakil Menteri ATR/BPN: Surya Tjandra.

Menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju adalah Menteri Perdagangan: Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN: Hadi Tjahjanto, dan Wamen ATR/BPN: Raja Juli Antoni.

Selain itu Prresiden mengangkat dua wakil menteri baru yaitu Wamendagri: John Wempi Watipo
Wamenaker: Afriansyah Noor.

Menteri Perdagangan  yang baru adalah Ketua Umum PAN.  Sedangkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) adalah nama mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni akan dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra yang telah menduduki jabatan tersebut sejak 2019 lalu.

Sementara itu, Jokowi juga menempatkan dua orang pada posisi kosong wakil menteri dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Dua tokoh yang akan mengisi posisi itu yakni Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. (SP/Silvia)***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS