Presiden Tanzania John Magufuli Mangkat, Samia Suluhu Hassan Jadi Presiden Wanita Pertama

redaksi - Kamis, 18 Maret 2021 11:44
Presiden Tanzania John Magufuli  Mangkat, Samia Suluhu Hassan Jadi Presiden Wanita PertamaPresiden Tanzania (sumber: 2021/03/1616042626377.jpeg)

DODOMA (Floresku.com) - Wakil Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan, telah mengumumkan kematian Presiden John Magufuli. Sebuah laporan dri kantor berita Reuters telah mengumumkan bahwa Presiden Tanzania John Magufuli telah meninggal pada usia 61 tahun. Wakil Presiden Samia Suluhu Hassan mengatakan pada hari Rabu dalam pidatonya di televisi pemerintah yang disiarkan.

Meninggal karena penyakit jantung
“Orang Tanzania yang terkasih, sangat menyedihkan untuk mengumumkan bahwa hari ini 17 Maret 2021, sekitar pukul 6 sore, kita kehilangan pemimpin pemberani, Presiden John Magufuli, yang meninggal karena penyakit jantung di rumah sakit Mzena di Dar es Salaam tempat dia dirawat,” wakil kata presiden di TBC penyiar negara bagian.

Magufuli tidak terlihat di depan umum sejak 27 Februari, memicu rumor bahwa dia telah terjangkit COVID-19. Para pejabat membantah pada 12 Maret bahwa dia jatuh sakit.

Samia Suluhu Hassan Jadi Presiden Wanita Pertama
Menurut Konstitusi Tanzania, Wakil Presiden Hassan, 61, harus mengambil alih kursi kepresidenan selama sisa masa jabatan lima tahun yang Magufuli mulai layani tahun lalu setelah memenangkan masa jabatan kedua.

Dengan kematian John Magufuli, Samia Suluhu Hassan dipastikan akan menjadi presiden wanita pertama di negara Afrika Timur itu. (Reuters/MLA)

RELATED NEWS