Prociat! Yowanda Yonggara Terpilih Nahkodai DPD GAMKI Sulawesi Utara

redaksi - Senin, 28 Juni 2021 14:06
Prociat! Yowanda Yonggara Terpilih Nahkodai DPD GAMKI Sulawesi UtaraKetua GAMKI Sulut terpilih, Yowanda Yonggara (tengah), foto bersama DPP usai terpilih dalam Konferda (sumber: Istimewa)

 TOMOHON  (Floresku.com) - Konferensi Daerah (Konferda) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara ke-XI, yang digelar di Kota Tomohon pekan lalu akhirnya memilih Yowanda Yonggara untuk menahkodai organinasi kepemudaan kristen ini untuk periode 2021-2024.

Diusung DPC GAMKI Kota Manado yang dipimpin Ketua Leo Tampi Lurah Tongkaina, Kecamatan Bunaken yang juga menjadi korlap tim pemenangan, Yowanda mendapat dukungan penuh dari 15 Kabupaten/Kota di Sulut menggantikan ketua lama Debby Suma yang memilih untuk tidak maju lagi sebagai calon.

Usai terpilih, Yowanda mengaku ini kemenangan bersama dan berharap dapat bersinergi dalam arak-arakan GAMKI.

"Kedepan bersama 15 Kabupaten/Kota bisa bersinergi dalam arak-arakan GAMKI dengan landasan berdoa dan bekerja dengan jiwa melayani," ungkap Yowanda.

Forum Konferda kemudian memilih tim formatur yang nantinya akan melengkapi kepengurusan DPD GAMKI Sulut periode 2021-2024.

Dukungan senior

Kemenangan Yowanda Yonggara dalam forum Konferda GAMKI Sulawesi Utara tidak lepas dari dukungan para senior organisasi kepemudaan Kristen tersebut.

"Ini kemenangan luar biasa, karena Yowanda sendiri mendapat dukungan dari para senior," ungkap peserta Konferda GAMKI Sulut.

Foto bersama Ketua GAMKI Sulut terpilih, Yowanda Yonggara dengan pengurus DPC 15 Kabupaten/Kota.  (Foto:istimewa)

Beberapa senior yang turun langsung memenangkan Yowanda diantaranya Franciscus Enoch yang juga Wakil Ketua KNPI Sulut, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, Arnold Dimpudus, dan anggota Bawaslu Sulut Kenly Poluan.

Menariknya, sebelum pemilihan dimulai beberapa pengurus dan kader GAMKI gencar melakukan lobi politik untuk memenangkan Yowanda Yonggara. Konon, Yowanda dikabarkan mendapatkan dukungan dari orang nomor 1 di Sulut, Olly Dondokambey dan beberapa Kepala dan Wakil Kepala Daerah.

"Yowanda harus diamankan, karena ini petunjuk langsung dari Pak Gubernur Olly Dondokambey," ujar sumber dalam percakapan lobi di area pelaksanaan konferda.

Ketua GAMKI Sulut terpilih Yowanda Yonggara merupakan aktivis gerakan perempuan Sulut yang juga putri dari senior GMKI dan GAMKI, Joice Worotikan

Diketahui, Konferda sendiri dihadiri langsung oleh pengurus DPP GAMKI yaitu Ketua Bidang Kaderisasi dan Pengembangan SDM Dody Lapihu, dan Sekretaris Bidang Hubungan Gereja dan Lembaga Keumatan Indah Sondakh. (**)

RELATED NEWS