PT Angkasa Pura I Optimistis Bangkit Dari Keterpurukan Akibat Covid-19

Redaksi - Minggu, 21 Februari 2021 16:29
PT Angkasa Pura I Optimistis Bangkit Dari Keterpurukan Akibat Covid-19Bandara Udara International Eltari Kupang (sumber: 2021/02/1613824120496.jpeg)

Jakarta - Pada 20 Februari ini, PT Angkasa Pura I (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-57. Dengan  tema “The Spirit of Rebound”, Angkasa Pura  I menjadikan tahun ini dan usianya yang ke-57 sebagai momen kebangkitan perusahaan yang pada tahun lalu terpukul akibat pandemi Covid-19. 

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, mengatakan, penurunan pendapatan perseroan utamanya diakibatkan merosotnya pergerakan penumpang di 15 bandara kelolaan. 

Ke-15 bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Puras I (Persero) adalah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali; Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya; Bandar Udara Internasional Adi Sumarno Surakarta; Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta; Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang; Bandar Udara El Tari Kupang;  Bandar Udara Frans Kaisepo Biak; Bandar Udara Internasional Sultan Hadanuddin Makassar; Bandar Udara Internasional Lombok menggantikan Bandar Udara Selaparang;  Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado; Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan; Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin;  Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulon Progo; Bandar Udara Internasional Pattimura Ambondan Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura. 

Selain mengatur dan mengoperasionalkan 15 bandar udara, 5 anak perusahaan (PT Angkasa Pura Hotel, PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, dan PT Angkasa Pura Retail), serta 1 Strategic Business Unit (Ngurah Rai Commercial SBU).

Pada semester pertama 2020, pergerakan penumpang di bandara kelolaan mencapai 19,3 juta orang. Realisasi tersebut turun 49 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yakni sebesar 37,8 juta orang. Akibatnya, pendapatan PT Angkasa Pura I (Persero)  merosot sebesar 43,2 persen, dari Rp 4,19 triliun pada semester I 2019 menjadi Rp 2,37 triliun pada semester I 2020.

Pada momen ini, Angkasa Pura I juga mengajak masyarakat untuk tetap optimis agar dapat bangkit dari pandemi Covid-19.

Peringatan HUT ke-57 perusahaan dilaksanakan secara virtual dan sederhana di Kantor Pusat Angkasa Pura I yang diikuti oleh seluruh karyawan di 15 kantor cabang bandara. Pada acara peringatan ini dilakukan pemotongan tumpeng dan pembagian tumpeng mini sebagai simbol rasa syukur atas usia perusahaan yang sudah mencapai 57 tahun, santunan kepada 570 anak yatim yang tersebar di 15 wilayah operasional bandara Angkasa Pura I, dan pemberian penghargaan kepada 57 Insan Angkasa Pura I (karyawan) yang telah memberikan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan.

Pada momen spesial ini,juga dilakukan beberapa peluncuran, seperti peluncuran logo 57 tahun Angkasa Pura I dan peluncuran lagu Mars AKHLAK Angkasa Pura I di mana AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) merupakan nilai baru perusahaan yang menyesuaikan dengan nilai inti (core value) Kementerian BUMN.

“HUT ke-57, yang diperingati pada masa pandemi ini, merupakan momentum pembuktian komitmen Angkasa Pura I untuk tetap dapat berkontribusi kepada negara walau tengah berada pada situasi sulit. Setelah cukup terpukul oleh pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, tahun ini dan di usia ke-57, Angkasa Pura I optimis bisa bangkit melalui strategi pengembangan portofolio bisnis sebagai wujud transformasi perusahaan yang berkelanjutan dengan menekankan peran anak perusahaan sebagai mesin pengembangan bisnis, terutama bisnis non-aeronautika,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Oleh karena itu, lanjut Faik Fahmi, pada momen ini juga dilakukan peluncuran portofolio bisnis baru anak perusahaan, yaitu Angkasa Pura Logistik dan Angkasa Pura Supports, sebagai simbol menguatnya peran anak perusahaan dalam berkontribusi terhadap pengembangan bisnis Angkasa Pura I secara grup. (BS/MAR)

RELATED NEWS