PT Pelni Imbau Warga Pengguna Jasa Angkutan Laut Untuk Tidak Beli Tiket Lewat Para Calo

redaksi - Senin, 03 Juli 2023 12:25
PT Pelni Imbau Warga Pengguna Jasa Angkutan Laut Untuk Tidak Beli Tiket Lewat Para Calo Kepala Operasi PT Pelni Cabang Maumere Daulat Apul Gervasius Naibaho, S.H. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -  Perseroan Terbatas Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) cabang Maumere mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan angkutan laut  untuk tidak membeli tiket kapal melalui jalur ilegal atau calo tiket.

"Calo itu musuh kita bersama, karena penjualan tiketnya tidak resmi, jadi justru bisa merugikan calon penumpang itu sendiri," ucap Kepala Operasi PT Pelni Cabang Maumere Daulat Apul Gervasius Naibaho, S.H.

Apul  mengatakan ada banyak cara bagi calo tiket untuk meraup keuntungan dari ramainya minat penggunaan jasa kapal laut.

Salah satunya dengan membeli tiket yang disediakan oleh pihak penyedia dalam hal ini Pelni biasanya dalam jumlah banyak dan kemudian menjualnya lagi ke konsumen dengan harga yang lebih mahal.

"Kalau pembelian di Pelni langsung kita bisa monitoring, sementara peredaran calo ini sulit kita monitoring," kata dia, menjelaskan.

Pihaknya pun telah melakukan upaya sosialisasi ke sejumlah travel dan pemasangan baliho dan banner himbauan kepada masyarakat " Dapatkan Tiket Pelni dengan Mudah".

Bagi calon penumpang kapal pelni yang akan berangkat dari pelabuhan L.Say Maumere yang tempat tinggalnya jauh dari kantor cabang Pelni Maumere. Disarankan untuk membeli tiket secara online melalui :

1.Aplikasi Pelni Mobile (Dapat di download di Playsore)
2.Dapat menghubungi Whatshapp pelni 08111621162
3.Bisa menghubungi Travel Agent Resmi Pelni Maumere, PT.Cahaya Sikka, PT.Karya Srikandi, PT.Aditya Pratama. atau dapat menghubungi call center pelni dinomor tlp.(021)162

Untuk memastikan penjualan tiket kepada calon penumpang yang tepat dibuktikan dengan data diri yang sesuai.

"Kita sudah sosialisasi ke travel-travel  bagaimana mengatasi calo-calo tiket kapal di Maumere ini," ungkapnya.

Untuk itu apul mengimbau masyarakat Kota Maumere dan diluar kota Maumere agar membeli tiket kapal langsung ke kantor Pelni atau melalui agen-agen resmi yang bisa dikontrol langsung oleh PT Pelni.

"Kami mengimbau masyarakat untuk langsung beli di kantor Pelni, bisa bayar tunai, ATM transfer, dan pemesanan pun bisa online di website resmi PT Pelni," katanya. (Mardat) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS