Puan Maharani: 'Saya Bangga Melalui KTT ASEAN, Labuan Bajo Bawa Nama Indonesia'

redaksi - Senin, 15 Mei 2023 08:38
Puan Maharani: 'Saya Bangga  Melalui KTT ASEAN, Labuan Bajo Bawa Nama Indonesia'Ketua DPR RI, Puan Maharani (sumber: Dok. DPR-RI)

JAKARTA (Floresku.com) - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang digelar di Labuan Bajo, NTT memberikan kesan dan pengalaman tak terlupakan bagi para delegasi yang hadir. 

Ia pun mengaku bangga bisa mengenalkan wajah Indonesia di ajang tersebut.

"Saya bangga membawa nama Indonesia dan menampilkan wajah Indonesia di Labuan Bajo dengan segala pesona keindahan yang memukau. Saya juga yakin, pengalaman para delegasi negara ASEAN selama berada di Labuan Bajo memberi kesan yang istimewa," kata Puan dalam keterangannya kepada media, Sabtu (13/5).

Puan mengungkapkan salah satu agenda berkesan tersebut adalah saat para delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), forum parlemen negara-negara Asia Tenggara, diajaknya berlayar menggunakan Kapal Pinisi. 

Pimpinan parlemen ASEAN diajak menikmati pesona senja Labuan Bajo mengelilingi pulau-pulau dengan kapal tradisional Indonesia.

Ia turut mengajak delegasi KTT ASEAN ke-42 dari parlemen-parlemen Asia Tenggara mencicipi kuliner khas lokal. Tak ketinggalan, dirinya pun mempromosikan wastra Indonesia melalui pakaian yang dikenakannya pada setiap agenda KTT ASEAN.

Selain itu, Puan menyempatkan diri mendatangi Meeting, Incentives, Conventions dan Exhibitions (MICE) Golo Mori yang menjadi venue side event KTT ASEAN 2023. 

Lokasi yang sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut dijadikan tempat pertemuan ASEAN Youth Standing Commite (YTC). 

Di sini anak-anak muda dari kawasan Asia Tenggara bisa menikmati pesona keindahan Indonesia.

"Saya bersyukur upaya kita mempresentasikan Labuan Bajo kepada negara-negara Asia Tenggara yang penuh pesona telah memberikan kesan mendalam kepada semua delegasi KTT ASEAN," jelas Puan.

"Promosi lewat pertemuan anak-anak muda di kawasan Asia Tenggara juga memiliki cara tersendiri. Anak-anak muda lebih memiliki jaringan luas dalam hal mengenalkan atau mempromosikan kawasan wisata, sehingga dapat dengan mudah menarik perhatian wisatawan mancanegara dan domestik," lanjutnya.

Puan turut memuji upaya Pemerintah dalam mempromosikan Labuan Bajo melalui kegiatan resmi KTT ASEAN. Termasuk mengajak pimpinan Asia Tenggara yang hadir mengikuti kegiatan sunset viewing, mengadakan Festival Rakyat dan pameran berbagai produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, aksi bersih-bersih pantai (beach clean-up), serta menampilkan pertunjukan seni budaya.

"Sekali menikmati keindahan wisata di Labuan Bajo, pasti membuat kita ingin kembali mengulanginya. Saya yakin itu yang dirasakan teman-teman delegasi KTT ASEAN. Jadi kegiatan ini dapat menopang pariwisata kita," tuturnya. (SP). ***



 

Editor: redaksi

RELATED NEWS