Puluhan Warga Paroki Halim Perdanakusuma Berpartisipasi dalam Acara Sosialisasi Bidang Pelayanan dan Pewartaan

redaksi - Selasa, 13 Februari 2024 15:05
Puluhan Warga Paroki Halim Perdanakusuma Berpartisipasi dalam Acara Sosialisasi Bidang Pelayanan dan Pewartaan Para peserta acara Sosialisasi Bidan Pelayanan dan Pewartaan Paroki Halim Perdanakusuma, Minggu (11/2) (sumber: Petrus Dwi)

JAKARTA (Floresku.com) - Pada Minggu, 11 Februari 2024 lalu,  Paroki St Agustinus Halim Perdanakusuma, Keuskupan Agung Jakarta, mengadakan kegiatan Sosialisasi Bidang Pelayanan dan Pewartaan. 

Panitia penyelenggara menggelar acara sosialisasi tersebut di Aula Yosafat Paroki Halim Perdanakusuma dari pukul 11.30 WIB - 16.30 WIB. 

Puluhan perwakilan dari Lingkungan Gereja di wilayah Paroki Halim Perdanakusuma hadir dalam kegiatan tersebut. 

Makan Siang, Doa Angelus dan Sambutan Romo Almo

Para peserta mengawali kegiatan ini dengan makan siang bersama. Kemudian, tepat pukul 12 siang,  semua peserta mengambil bagian dalam Doa Angelus bersama di  Aula Yosafat.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Romo Albertus Monang Rianto Sidabutar, Pr (Romo Almo), selaku pastor rekan Paroki Halim Perdanakusuma. 

Dalam kata sambutannya, Romo Almo mengharapkan agar kegiatan ini memicu semakin aktif dalam pelayanan gereja.

Dia juga berterima kasih atas keikutsertaan dan kerelaan para utusan lingkungan yang hadir.
"Saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu untuk secara sukarela mengikuti kegiatan ini," ujar Pastor asal Bekasi, Jawa Barat, yang aktif berorganisasi THS-THM dan Misdinar setelah penerimaan Komuni Pertama kelas 4 SD ini.

Persiapan bagi Para Fasilitator Lingkungan

Dalam kata pengantarnya, Ketua Seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS) Paroki Halim Perdanakusuma,  Petrus Dwi Ananto Pamungkas  menerangkan bahwa kegiatan Sosalisasi  Bidang Pelayanan dan Pewartaan ini diadakan guna mempersiapkan  para fasilitator lingkungan perlu memahami materi empat  pertemuan APP 2024 di bawah tema umum "Solidaritas dan Subsidiaritas". 

 “Kegiatan ini penting sebagai  persiapan diri bagi para fasilitator lingkungan yang nanti akan memfasilitasi Pertemuan-pertemuan APP di lingkungan masing-masing.” ujarnya.  

Sebagian dari para peserta acara Sosialisasi Bidang Pelayanan dan Pewartaan di Aula Yosafat Paroki Halim perdanakusuma, Minggu, 11 Ferbuari 2024. (Foto: Petrus Dwi)

Sementara itu, Ibu Aprilia Dewi, selaku Pendamping Bidang Pelayanan Paroki Halim Perdanakusuma, menyampaikan pengantar materi pertama.

Menurut wanita yang akrab disapa April itu,  bidang Pelayanan mempunyai banyak program pelayanan yang memiliki manfaat besar bagi seluruh umat, seperti Program ASAK bagi anak-anak dan remaja usia sekolah dan kuliah.

Selain itu, dia menambahkan, ada  Program SABUK bagi umat yang memiliki jiwa wirausaha, dan Program Santo Yusuf bagi umat yang mengalami kedukaan.

Kegiatan ini juga menghadirkan Para Pengurus Koperasi Bina Seroja yang sejak tahun 2023 lalu menjalin kerjasama dengan Paroki Halim Perdanakusuma. 

Koperasi Bina Seroja mensosialisasikan terkait dengan pendaftaran, pinjaman, dan berbagai keuntungan jika ikut bergabung di dalamnya. 

Para peserta yang hadir antusias mendengarkan materi-materi yang ada. Bahkan semua orang tampak bersatu dalam suasana kekeluargaan melalui berbagai komentar, pertanyaan, dan tanggapan.

Diselingi doa Koronka bersama

Tepat pukul 3 sore, seluruh peserta yang hadir melakukan Doa Koronka bersama. 
Suasana Aula Yosafat berubah menjadi penuh khidmat ketika seluruh peserta secara bersama-sama mendaraskan doa-doa dalam Doa Koronka.

Setelah selesai Doa Koronka, kegiatan dilanjutkan oleh perwakilan dari Seksi "Ayo Sekolah, Ayo Kuliah" (ASAK), Seksi Sentra Bimbingan Usaha Kecil (SABUK), dan Seksi Santo Yusuf (iuran solidaritas kematian) yang secara berturut-turut menyampaikan laporan dan evaluasi pencapaian mereka selama ini serta informasi beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan selama tahun 2024. 

Mereka sangat mengharapkan agar semua umat semakin terlibat aktif dan menyadari pentingnya seksi-seksi tersebut. Misalnya dalam Program ASAK, dimana anak-anak dan remaja yang termasuk keluarga pra-sejahtera dipastikan mendapatkan kesempatan bersekolah bahkan kuliah.

Melalui Program SABUK, umat yang memiliki usaha pun diberikan kesempatan memperkenalkan usahanya. Beberapa pelatihan usaha sudah disiapkan sehingga UMKM umat dapat lebih berkembang lagi dan bahkan lebih banyak umat yang aktif dan kreatif dalam berwirausaha.

Tidak hanya sampai di situ, bagi umat yang tertimpa kedukaan kematian, Program Santo Yusuf memberikan santunan kematian bagi keluarga yang berduka. 

Romo Yos Bintoro, Pr,  Pastor Paroki Halim Perdanakusuma (Foto: Istimewa)

Penegasan dan Harapan Pastor Paroki 

Romo Yos Bintoro, Pr, selaku pastor Paroki Halim Perdanakusuma, menutup kegiatan ini dengan menekankan lagi beberapa poin penting. 

Dia mengingatkan bahwa Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta tahun 2024, "Solidaritas dan Subsidiaritas", memiliki dasarnya di Ajaran Sosial Gereja dan nilai kehidupan berbangsa-bernegara. 

Romo Yos juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan para peserta yang setia mengikuti kegiatan ini. 

Dia pun mengharapkan agar peserta menjadi ujung tombak mewartakan "Solidaritas dan Subsidiaritas" di lingkungan masing-masing. Selanjutnya Wakil Uskup TNI/Polri ini memimpin doa untuk secara sah menutup seluruh rangkaian kegiatan. (Saver Jehatu dan Petrus Dwi Ananto Pamungkas)***
 

Editor: redaksi

RELATED NEWS