Puncak Anugerah Pesona Indonesia Berlangsung di Hotel Inaya Bay Labuan Bajo Malam Ini

redaksi - Kamis, 20 Mei 2021 18:10
Puncak Anugerah Pesona Indonesia Berlangsung  di Hotel Inaya Bay Labuan Bajo Malam IniHotel Inaya Bay Labuan Bajo tempat diselenggarakannyamalam puncak Anugerah Pesona Indonesia ke-5 Tahun 2020, Kamis (20/5). (sumber: Istimewa)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tuan rumah malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 . Ajang Nasional Malam API ke-5 akan berlangsung di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Kamis ( 20 /5) malam.

Kegiatan malam puncak API di Hotel Inaya Bay nanti malam, diperkirakan akan dihadiri sekitar 500 orang tamu yang datang dari berbagai kabupaten/ kota dan provinsi di Indonesia.

Menurut Paniti API 2020, tamu yang hadir tersebut,  lima menteri  kabinet Indonesia Maju yakni Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan,  Menparekraf Sandiaga Uno,  Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menkumham Yasonna H Laoly  dan Menkominfo. Johny G. Plate.  Selain itu akan hadir pula Gubernur NTT Viktor B. Laikskodat, Gubernuer NTB Zulkieflimansyah dan  Gubernur Riau Syamsuar M.  serta 56  Bupati/ Wali kota se- Indonesia.

Ambon City of Music

Dalam perhelatan API  malam ini Kementerian Pariwisata RI  akan mengnugerahkan Kota Ambon dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 karena mampu dan terbukti mencetuskan dan mempertahankan branding yang berdampak pada dunia pariwisata sebagai Ambon City of Musik.

API akan diterima langsung oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy didampingi  Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler.

Dijelaskan, penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Ambon adalah untuk kategori branding pariwisata sebagai Kota Musik Dunia. Dimana penghargaan dari Pemerintah Pusat tersebut adalah berdasarkan kemampuan dalam mempersentasikan dalam bentuk proposal, yang kemudian dinilai oleh Kementrian Pariwisata RI.

"Ini merupakan hasil penilaian dari Kementerian Pariwisata. Jadi, kita mengirim proposal untuk dinilai tim juri. Dan ternyata Ambon City of Music masuk dalam kategori penilaian. Kita semua sudah mengetahui bahwa Ambon City of Music merupakan branding yang bukan lagi secara Nasional tetapi Internasional yang dibuktikan dengan pengakuan dari UNESCO," jelasnya.

Untuk  Provinsi Maluku  masuk  lima kategori penilaian juri yaitu Provinsi Maluku dengan Digital Tourism, Kota Ambon dengan Ambon City of Music, Kabupaten Buru dengan Wisata Olah Raga Petualangan Terpopuler, Kabupaten Maluku Barat Daya dengan Destinasi Baru Terpopuler Welora serta Maluku Tengah Dengan Destinasi Kreatif Terpopuler," jelasnya.

Sehingga untuk tahun 2020 kota Ambon harus beruntung dari derah lain di Indonesia bahkan secara khsusus di Maluku. Selain menerima penghargaan, Kota Ambon juga didaulat untuk mengisi acara Malam Penganugerahan API 2020.

Menurut Panitia API 2020, terdapat 10 brand yang masuk 10 niminasi API 2020. Selain Ambon the City of  Music, Pariwisata Waktatobi, Wisata Arung Jeram Tinukari dan  Se'i, sajian daging asap khas NTT.

Dekranasda NTT dan Kain Tenun Lokal NTT (Foto: MC Mabar)

Memamerkan Kain Tenun NTT

Dekranasda (Dewan kerajinan Nasional Daerah ) Manggarai Barat bersama Ibu Ketua Dekranasda NTT,  Julie Sutrisno Laiskodat nanti malam akan memamerkan berbagai hasil kreasi Tenun Lokal. 

"Kami akan pamerkan hasil karya Dekranasda kepada tamu- tamu supaya tenun kita ini di kenal banyak orang," kata Ibu Lasty Bugis anggota Dekranasda Mabar.  (Melly)

RELATED NEWS