Rabu, 1 September 2021, Warga Desa Galang Dapat Kado dari BPN Mabar

redaksi - Selasa, 31 Agustus 2021 08:10
Rabu, 1 September 2021, Warga Desa Galang Dapat Kado dari BPN MabarKepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Manggarai Barat, Budi Hartanto (sumber: Istimewa)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Rabu mendatang (1 September 2021), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) , akan serahkan 200 sertifikat tanah kepada warga di Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Mabar, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu disampaikan, Budi Hartanto selaku Kepala BPN Mabar, saat dikonfirmasi media ini, melalui telepon, Senin, (30/08/21) malam.

“Jadi hari Rabu kami adakan jadwal penyerahan sertifikat program pendaftaran sistematis tanah lengkap di Galang Kecamatan Welak sejumlah 200 bidang. Nanti hari rabu siang kita kerahkan itu sebagian dari target kita”, ungkapnya.

Dikatakannya, sesungguhnya target yang di lakukan BPN Mabar ada 1.600. Namun kata dia, sekitar ratusan masyarakat yang ada disana yang belum mengumpulkan berkasnya.

“Yang di sana sesungguhnya target kita ada 1.600 kemudian yang tidak masyarakat yang mengumpulkan berkasnya itu ratusan kemudian yang sudah kita sudah kita proses sudah jadi yang sudah siap kita kerahkan,” kata Budi Hartanto.

Lebih lanjut Budi menjelaskan program tersebut merupakan program strategis Nasional yang sudah direncanakan oleh presiden Jokowi agar percepatan pendaftaran tanah seluruh indonesia masing-masing Provinsi dan Kabupaten untuk mendapatkan patok masing-masing.

“Program ini program strategis nasional yang di rencanakan oleh presiden. Jadi presiden mencanangkan percepatan pendaftaran tanah seluruh indonesia yang masing-masing provinsi dan kabupaten untuk mendapatkan patok masing-masing. Nah, dari pemerintah pusat tahun 2024 ini seluruh bidang tanah di Indonesia ini sudah terdaftar,”jelasnya

Ilsrusasi: Sertifikat Tanah (Sumber: Istimewa)

Untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat sendiri kata dia, tahun ini ada empat desa yaitu Desa Nggorang, Compang Longgo, Desa Dalang dan Desa Batu Tiri.

“Tahun ini kita ada di empat desa yang pertama di Desa Nggorang, kedua di Desa Compang Longgo, Ketiga di Desa Dalang dan terakhir di Desa Batu Tiri dengan total target 3.170 bidang untuk tahun ini, nah tahun depan nanti ada lagi,” lanjutnya.

Menurut Budi, untuk Kecamatan Komodo belum semuanya. Ia pun menyampaikan nanti akan secara bertahap dan kedepan seluruh bidang tanah di Mabar akan disertifikat semua.

“Kalau untuk kecamatan komodo belum semuanya, nanti secara bertahap pasti targetnya ya seluruh bidang tanah di Kabupaten Manggarai Barat ini kita sertifikatkan.

"Itu tanpa dipungut biaya tapi masyarakat masih punya kewajiban kalau untuk sertifikasinya, pengukuran apa segala macam masih punya kewajiban. Untuk melengkapi alas hak dan untuk pemasangan tapal batas, Untuk lain-lain gratis”, ungkapnya. (Paul)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS