Ragam Busana Daerah Meriahkan Pemilu di KJRI Mumbai, India

redaksi - Sabtu, 10 Februari 2024 20:52
Ragam Busana Daerah Meriahkan Pemilu di KJRI Mumbai, India Konsulat Jenderal RI(KJRI) Mumbai, Sabtu (10/2) (sumber: Kemenlu RI)

MUMBAI (Floresku.com) - Sebanyak 90 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Mumbai, India, dan sekitarnya melaksanakan pemilu pada Sabtu (10/2). 

Kegiatan tersebut berlangsung di Konsulat Jenderal RI(KJRI) Mumbai, dimulai pukul 10.00 waktu setempat (11.30 WIB).

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Mumbai,  Tholhah Ubaidi, mengatakan WNI yang terdaftar sebagai pemilih berjumah 479 orang. Sebanyak 389 di antaranya memberikan hak suara melalui surat yang dikirim via pos. 

Menurut Tholhah, pihaknya terus memantau surat suara yang dikirimkan kepada WNI menjelang pemungutan suara di PPLN Mumbai. “Caranya dengan melacak jasa pos untuk memastikan WNI telah menerima  surat tersebut,” ujarnya, Sabtu (10/2/2024).

Pemilu untuk WNI yang tinggal di Mumbai itu berlangsung meriah bak pesta rakyat. Pihak KJRI sebelumnya telah mengimbau mereka untuk mengenakan pakaian dari berbagai daerah di Indonesia.

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Mumbai, Edy Wardoyo (berbaju lurik Jawa) mengisi daftar tamu sebelum melakukan pencoblosan di KJRI Mumbai, India, Sabtu (10/2/2024) (Foto: PPLN Mumbai)

Petugas PPLN dan Panwaslu, meski berseragam, juga mengenakan kain Indonesia yang memberi sentuhan khas Nusantara. Konsul Jenderal (Konjen) RI di Mumbai, Edy Wardoyo, bahkan mengenakan busana lurik Jawa saat memulai pencoblosan di TPS. 

Edy mengakui jumlah WNI yang datang ke TPS di Mumbai relatif tidak begitu besar. “Namun kami ingin memanfaatkan pesta lima tahunan ini dengan meriah dan berkesan,” ucapnya.

Hajatan demokrasi Indonesia di Mumbai juga dimeriahkan dengan berbagai jajanan khas Indonesia. Para WNI yang hadir pun tampak menyantap hidangan seperti nasi goreng telur dan bakso usai mencoblos.

Selain memfasilitasi penyelenggaraan pemilu, KJRI Mumbai ikut membantu pihak PPLN memastikan integritas dan transparansi proses pemungutan suara. Sedangkan penghitungan suara di PPLN Mumbai akan berlangsung pada 14 Februari 2024, berbarengan dengan pelaksanaan pemilu di Indonesia. (SP). ***

RELATED NEWS