Rangkaian Seminar Warnai Hari Pertama Kegiatan PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng

redaksi - Selasa, 30 Agustus 2022 22:24
Rangkaian Seminar Warnai Hari Pertama Kegiatan PKKMB FKIP Unika Santu Paulus RutengSalah satu sesi Seminar pada hari pertama kegiatan PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Hari pertama, Senin, 29 Agustus 2022 kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng diisi dengan rangkaian seminar.

Sebanyak 739 mahasiswa peserta PKKMB mengikuti pemaparan materi yang dibawakan oleh beberapa narasumber, baik dari kalangan internal maupun dari kalangan pakar luar kampus.

Narasumber dari internal kampus adalah unsur pimpinan utama Unika Santu Paulus Ruteng. Sementara dari luar kampus, panitia menghadirkan pejabat dari Kepolilsian Resort (Polres) Manggarai dan dr. Ronald Susilo, seorang pakar atau praktisi di bidang kesehatan.

Iptu Heribertus D. E. Edot dari bagian hukum Polres Manggarai dalam materinya tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara menegaskan, tugas bela negara adalah tugas semua warga negara dan bukan tugas aparat hukum atau militer saja.

“Banyak pemahaman yang keliru yang menyatakan bahwa tugas membela negara itu hanya diemban oleh kami aparat hukum dan militer saja. Saya tegaskan kita semua punya tanggung jawab untuk membela negara,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A yang hadir sebagai narasumber kedua dalam materinya tentang 'Selayang Pandang Unika Santu Paulus Ruteng' memperkenalkan Unika Santu Paulus Ruteng kepada mahasiswa baru, mulai dari sejarah, struktur organisasi, hingga budaya kerja pada lembaga ini.

Sesi yang dibawakan oleh Guru Besar Ilmu Religi dan Budaya ini berlangsung sangat menarik dan interaktif karena diselingi oleh kuis-kuis berhadiah. 

Para mahasiswa terlihat begitu bersemangat menyimak materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis berhadiah.

Pada tempat yang sama, hadir juga para wakil rektor (Warek) Unika Santu Paulus Ruteng. Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum selaku Warek I Bidang Tridharma Perguruan Tinggi dalam materinya tentang Kehidupan Akademik Mahasiswa. Dr. Fransiskus Sawan, M.Pd, Sekretaris Warek II mewakili Warek II Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana menyajikan materi tentang Keuangan dan Administrasi Umum Unika St. Paulus Ruteng. Sementara Dr. Inosensius Sutam sebagai Warek III Bidang Kemahasiswaan mengetengahkan materi tentang Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual

Tidak hanya itu, pada sore hari, kegiatan deminar ini diisi oleh dr. Ronald Susilo, MARS yang membawakan materi bertema Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Risiko, dan Kampus menggarisbawahi pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan sebagai bagian dari manajemen risiko dalam kehidupan kampus.

Kegiatan PKKMB pada hari pertama ini ditutup dengan penyajian materi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unika Santu Paulus Ruteng tentang Struktur Organisasi BEM FKIP. (Jivansi). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS