RECEM

redaksi - Selasa, 20 Februari 2024 04:56
RECEM  Alm. Pater Remi Ceme SVD (sumber: Facebook.com/Remi Ceme)

Oleh: Gusti Tetiro

RIP Pater Remi Ceme SVD. Dosen yang biasa-biasa, tetapi punya telinga yang luar biasa. Dia pernah jelaskan perbedaan antara "mendengar" (to hear) dan mendengarkan (to listen to).

Saya suka mengaku dosa ke dia saat jadwal pengakuan di Ritapiret. Alasannya sederhana: penitensinya ringan. Biasanya hanya minta kita bacakan suatu nats Kitab Suci, sering dari Mazmur atau Kidung Agung. Indah memang...!

Pater Remi ajar mata kuliah pilihan Mariologi. Kesan saya, Pater Remi kewalahan menjelaskan beberapa konsep iman yang memang agak menantang. Tentang Maria Diangkat ke Surga atau beberapa hal lain, misalnya.

Kendati demikian, Pater Remi berhasil membuka kesadaran dan pemahaman kami tentang iman dan Allah yang membawa kegembiraan. Tentang Maria dan contoh manusia yang rendah hati.

Beberapa isu saya dengar tentang Pater Remi. Baik yang positif maupun negatif. Saya agak malas tahu, karena saya tahu dia juga agak malas tahu tentang hidup orang.

Dia berhasil membuat orang yang mengenalnya bebas menjadi manusia dewasa yang bisa menilai diri sendiri, dan tidak mau buru-buru mengadili orang lain.

Selamat jalan, Pater Remi. RIP. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS