Renungan Harian, Jumat, 21 Oktober 2022: Menafsir Tanda-Tanda Jaman

redaksi - Kamis, 20 Oktober 2022 21:14
Renungan Harian,  Jumat, 21 Oktober 2022: Menafsir Tanda-Tanda JamanIlustrasi: Yesus berkotbah di bukit (sumber: Gustave Dore)

Yesus berkata kepada orang banyak, “Ketika kamu melihat awan naik di barat, kamu segera mengatakan bahwa akan turun hujan – dan memang demikian; dan ketika Anda melihat bahwa angin bertiup dari selatan Anda mengatakan bahwa itu akan menjadi panas – dan memang begitu. Anda orang-orang munafik! Anda tahu bagaimana menafsirkan penampilan bumi dan langit; mengapa kamu tidak tahu bagaimana menafsirkan waktu sekarang?” Lukas 12:54-56

Apakah Anda tahu bagaimana menafsirkan waktu atau tanda-tanda jaman sekarang?

Penting bagi kita, sebagai pengikut Kristus, untuk dapat melihat secara jujur ​​budaya, masyarakat, dan dunia kita secara keseluruhan dan menafsirkannya secara jujur ​​dan akurat.

Kita harus mampu membedakan kebaikan dan kehadiran Tuhan di dunia kita dan kita juga harus mampu mengidentifikasi dan menafsirkan cara kerja si jahat di zaman kita sekarang. Seberapa baik Anda melakukannya?

Salah satu taktik si jahat adalah penggunaan manipulasi dan kebohongan. Si jahat berusaha membingungkan kita dengan cara yang tak terhitung banyaknya.

Kebohongan ini mungkin datang melalui media, melalui para pemimpin politik kita dan, kadang-kadang, bahkan melalui beberapa pemimpin agama. Si jahat menyukainya ketika ada perpecahan dan kekacauan dari segala jenis.

Jadi apa yang harus kita lakukan jika kita ingin bisa “menafsirkan masa kini?” Kita harus sepenuh hati berkomitmen pada Kebenaran.

Kita harus mencari Yesus di atas segalanya melalui doa dan membiarkan kehadiran-Nya dalam hidup kita membantu kita memilah mana yang berasal dari-Nya dan mana yang bukan.

Masyarakat kita memberi kita pilihan moral yang tak terhitung jumlahnya, sehingga kita mungkin mendapati diri kita ditarik ke sana-sini.

Kita dapat menemukan bahwa pikiran kita ditantang dan, kadang-kadang, menemukan bahwa bahkan kebenaran paling mendasar dari kemanusiaan diserang dan diputarbalikkan.

Ambil contoh, aborsi, eutanasia dan pernikahan tradisional. Ajaran moral iman kita ini terus-menerus diserang dalam berbagai budaya dunia kita.

Martabat pribadi manusia dan martabat keluarga sebagaimana dirancang Allah dipertanyakan dan ditantang secara langsung.

Contoh lain dari kebingungan di dunia kita saat ini adalah cinta akan uang. Begitu banyak orang terjebak dalam keinginan akan kekayaan materi dan telah ditarik ke dalam kebohongan bahwa ini adalah jalan menuju kebahagiaan.

Menafsirkan waktu sekarang berarti kita melihat melalui setiap dan setiap kebingungan zaman kita. Artinya kita melihat kesalahan budaya dan moral apa adanya.

Renungkan, hari ini, apakah Anda bersedia dan mampu untuk membiarkan Roh Kudus memotong kebingungan yang begitu nyata hadir di sekitar kita.

Apakah Anda siap untuk membiarkan Roh Kudus Kebenaran menembus pikiran Anda dan menuntun Anda ke dalam seluruh kebenaran?

Mencari kebenaran di zaman kita sekarang adalah satu-satunya cara untuk bertahan dari banyak kesalahan dan kebingungan yang dilemparkan kepada kita setiap hari.

Tuhan Kebenaran, bantu saya untuk menafsirkan waktu sekarang dan melihat kesalahan yang berkembang di sekitar kami, serta kebaikan-Mu terwujud dalam banyak cara. Berilah aku keberanian dan kebijaksanaan sehingga aku dapat menolak apa yang jahat dan mencari apa yang berasal dari-Mu. Yesus, aku percaya pada-Mu.***

Sumber: www.katolikku.com

RELATED NEWS