Renungan Harian Katolik, Jumat, 28 Oktober 2022: Berdoa Sepanjang Malam

redaksi - Jumat, 28 Oktober 2022 09:15
Renungan Harian Katolik, Jumat, 28 Oktober 2022: Berdoa Sepanjang MalamYesus berdoa sepanjang malam (sumber: www.katolikku.com)

Yesus pergi ke gunung untuk berdoa, dan dia menghabiskan malam dalam doa kepada Tuhan. Lukas 6:12

Adalah hal yang menarik untuk memikirkan tentang Yesus yang berdoa sepanjang malam. Tindakan di pihak-Nya ini mengajari kita banyak hal sama seperti yang akan diajarkan kepada para Rasul-Nya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita ambil dari tindakan-Nya.

Pertama, mungkin dianggap bahwa Yesus tidak “perlu” berdoa. Bagaimanapun, Dia adalah Tuhan. Jadi apakah Dia perlu berdoa?

Well, sebenarnya ini bukan pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan. Ini bukan masalah Dia perlu berdoa, melainkan masalah Dia berdoa karena doa-Nya masuk ke hati siapa Dia.

Doa adalah yang pertama dan terutama merupakan tindakan persekutuan yang mendalam dengan Tuhan.

Dalam kasus Yesus, ini adalah tindakan persekutuan yang mendalam dengan Bapa di Surga dan dengan Roh Kudus. Yesus terus-menerus dalam persekutuan yang sempurna (kesatuan) dengan Bapa dan Roh dan, dengan demikian, doa-Nya tidak lebih dari ekspresi duniawi dari persekutuan ini.

Doa-Nya adalah hidup dari kasih-Nya kepada Bapa dan Roh. Jadi, Dia tidak perlu berdoa agar Dia bisa tetap dekat dengan mereka.

Sebaliknya, Dia berdoa karena Dia secara sempurna bersatu dengan mereka. Dan persekutuan yang sempurna ini menuntut ekspresi doa duniawi. Dalam hal ini, itu adalah doa sepanjang malam.

Kedua, fakta bahwa itu sepanjang malam mengungkapkan bahwa “perhentian” Yesus tidak lain adalah berada di hadirat Bapa.

Sama seperti istirahat memulihkan kita dan meremajakan kita, demikian pula berjaga sepanjang malam Yesus mengungkapkan bahwa istirahat manusia-Nya adalah istirahat di hadirat Bapa.

Ketiga, apa yang harus kita ambil dari ini untuk hidup kita sendiri adalah bahwa doa tidak boleh diremehkan.

Terlalu sering kita mengucapkan beberapa pemikiran doa kepada Tuhan dan membiarkannya begitu saja.

Tetapi jika Yesus memilih untuk menghabiskan sepanjang malam dalam doa, kita tidak perlu heran jika Tuhan menginginkan lebih banyak dari saat teduh kita berdoa daripada yang sekarang kita berikan kepada-Nya.

Jangan heran jika Tuhan memanggil Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu setiap hari dalam doa.

Jangan ragu untuk menetapkan pola doa yang ditetapkan. Dan jika Anda menemukan bahwa Anda tidak dapat tidur pada suatu malam, jangan ragu untuk bangun, berlutut, dan mencari hadirat Tuhan yang hidup di dalam jiwa Anda.

Carilah Dia, dengarkan Dia, bersama Dia dan biarkan Dia memakanmu dalam doa. Yesus memberi kita contoh yang sempurna. Sekarang tanggung jawab kita untuk mengikuti contoh itu.

Saat kita menghormati Rasul Simon dan Yudas, renungkan, hari ini, atas panggilan Anda sendiri untuk mengikuti Kristus dan bertindak sebagai rasul-Nya bagi dunia.

Satu-satunya cara Anda dapat memenuhi misi ini adalah melalui kehidupan doa. Renungkan kehidupan doa Anda dan jangan ragu untuk memperdalam tekad Anda untuk meniru kedalaman dan intensitas contoh sempurna doa Tuhan kita.

Tuhan Yesus, bantu aku untuk berdoa. Bantulah aku untuk mengikuti teladan doa-Mu dan untuk mencari hadirat Bapa dengan cara yang mendalam dan berkelanjutan. Tolonglah aku untuk masuk ke dalam persekutuan yang dalam dengan-Mu dan untuk dikuasai oleh Roh Kudus. Yesus, aku percaya pada-Mu.***

Tags TuhanYesusDoaBagikan

RELATED NEWS