Renungan Harian Katolik, Kamis, 10 November 2022: Yesus adalah Raja

redaksi - Kamis, 10 November 2022 09:02
Renungan Harian Katolik, Kamis, 10 November 2022: Yesus adalah RajaYesus dan orang Farisi (sumber: My Catholic Life)

Ketika ditanya oleh orang-orang Farisi kapan Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, “Kedatangan Kerajaan Allah tidak dapat diamati, dan tidak seorang pun akan mengumumkan, 'Lihat, ini dia,' atau, 'Ini dia. ’ Karena lihatlah, Kerajaan Allah ada di antara kamu.” Lukas 17:20-21

Kerajaan Allah ada di antara kamu! Apa artinya? Di mana Kerajaan Allah dan bagaimana itu ada di antara kita?

Kerajaan Allah dapat dibicarakan dalam dua cara. Pada kedatangan Kristus yang terakhir, di akhir zaman, Kerajaan-Nya akan permanen dan terlihat oleh semua orang.

Dia akan menghancurkan semua dosa dan kejahatan dan semuanya akan dibuat baru. Dia akan memerintah selamanya dan kasih amal akan mengatur setiap pikiran dan hati.

Sungguh hadiah yang menggembirakan untuk diantisipasi dengan banyak harapan!

Tetapi perikop ini secara khusus mengacu pada Kerajaan Allah yang sudah ada di tengah-tengah kita.

Apa Kerajaan itu? Itu adalah Kerajaan yang hadir oleh kasih karunia yang hidup di dalam hati kita dan hadir kepada kita dalam banyak cara setiap hari.

Pertama, Yesus rindu untuk memerintah dalam hati kita dan mengatur hidup kita. Pertanyaan kuncinya adalah: Apakah saya membiarkan Dia mengambil kendali? Dia bukan tipe Raja yang memaksakan diri dengan cara diktator.

Dia tidak menjalankan otoritas-Nya dan menuntut kita untuk patuh. Tentu saja ini akan terjadi pada akhirnya, ketika Yesus kembali, tetapi untuk saat ini undangan-Nya hanyalah sebuah undangan.

Dia mengundang kita untuk memberikan Dia Raja atas hidup kita. Dia mengundang kita untuk membiarkan Dia mengambil kendali penuh.

Jika kita melakukan itu, Dia akan mengeluarkan perintah kepada kita yang merupakan perintah kasih.

Itu adalah keputusan yang menarik kita ke dalam kebenaran dan keindahan. Mereka menyegarkan kita dan memperbaharui kita.

Kedua, kehadiran Yesus ada di sekitar kita. Kerajaan-Nya hadir setiap kali kasih amal hadir. Kerajaan-Nya hadir setiap kali kasih karunia bekerja.

Sangat mudah bagi kita untuk diliputi oleh kejahatan dunia ini dan kehilangan hadirat Tuhan. Tuhan hidup dengan cara yang tak terhitung jumlahnya di sekitar kita.

Kita harus selalu berusaha untuk melihat kehadiran ini, terinspirasi olehnya dan menyukainya.

Renungkan, hari ini, kehadiran Kerajaan Allah yang hadir di antara kamu. Apakah Anda melihatnya di dalam hati Anda?

Apakah Anda setiap hari mengundang Yesus untuk mengatur hidup Anda? Apakah Anda mengakui Dia sebagai Tuhan Anda?

Dan apakah Anda melihat cara Dia datang kepada Anda melalui keadaan sehari-hari Anda, dalam orang lain dan dalam situasi sehari-hari Anda?

Carilah Dia terus-menerus dan ini akan membawa sukacita ke dalam hati Anda.

Tuhan, saya mengundang Anda, hari ini, untuk datang memerintah di hati saya. Aku memberi-Mu kendali penuh atas hidupku.

Kamu adalah Tuhanku dan Rajaku. Aku mengasihi-Mu dan ingin hidup sesuai dengan kehendak-Mu yang sempurna dan kudus. Yesus, aku percaya pada-Mu. ***

RELATED NEWS