Renungan Harian Katolik, Kamis. 13 Oktober 2022: Kunci Pengetahuan

redaksi - Kamis, 13 Oktober 2022 09:52
Renungan Harian Katolik, Kamis. 13 Oktober 2022: Kunci PengetahuanYesus berbicara di depan umum di Kota Yerusalem (sumber: James Tissot/My Catholic Life)

“Celakalah kamu, ahli hukum! Anda telah mengambil kunci pengetahuan. Kamu sendiri tidak masuk dan kamu menghentikan mereka yang mencoba masuk.” Lukas 11:52

Dalam Injil hari ini, Yesus terus menghukum orang Farisi dan ahli hukum. Dalam perikop di atas, Dia menghukum mereka karena mereka “telah mengambil kunci pengetahuan” dan secara aktif berusaha menjauhkan orang lain dari pengetahuan yang Tuhan ingin mereka miliki.

Ini adalah tuduhan yang kuat dan mengungkapkan bahwa orang Farisi dan ahli hukum secara aktif melukai iman umat Tuhan.

Seperti yang telah kita lihat selama beberapa hari terakhir dalam Kitab Suci, Yesus menegur para ahli hukum Taurat dan orang-orang Farisi dengan keras karena hal ini.

Dan teguran-Nya bukan hanya demi mereka, tetapi juga demi kita agar kita tahu untuk tidak mengikuti nabi-nabi palsu seperti ini dan semua orang yang hanya tertarik pada diri mereka sendiri dan reputasi mereka daripada kebenaran.

Perikop Injil ini tidak hanya mengutuk dosa ini, lebih penting lagi mengangkat konsep yang dalam dan indah.

Ini adalah konsep "kunci pengetahuan." Apa kunci pengetahuan? Kunci pengetahuan adalah iman, dan iman hanya bisa datang dengan mendengarkan suara Tuhan.

Kunci pengetahuan adalah membiarkan Tuhan berbicara kepada Anda dan mengungkapkan kepada Anda kebenaran-Nya yang terdalam dan terindah.

Kebenaran-kebenaran ini hanya dapat diterima dan dipercaya melalui doa dan melalui komunikasi langsung dengan Tuhan.

Orang-orang kudus adalah contoh terbaik dari mereka yang telah menembus misteri kehidupan Tuhan yang dalam.

Melalui kehidupan doa dan iman mereka, mereka mengenal Tuhan secara mendalam.

Banyak dari orang-orang kudus yang agung ini telah meninggalkan kepada kita tulisan-tulisan yang indah dan kesaksian yang kuat dari misteri-misteri yang tersembunyi namun disingkapkan dari kehidupan batin Tuhan.

Renungkan, hari ini, apakah Anda telah mengambil “kunci pengetahuan” dan membuka misteri Allah melalui kehidupan iman dan doa Anda.

Komitmenkan kembali diri Anda untuk mencari Tuhan dalam doa pribadi Anda setiap hari dan untuk mencari semua yang Dia ingin ungkapkan kepada Anda.

Tuhan, bantu aku untuk mencari-Mu melalui kehidupan doa sehari-hari. Dalam kehidupan doa itu, tarik saya ke dalam hubungan yang mendalam dengan Anda, mengungkapkan kepada saya semua tentang Anda dan semua tentang kehidupan. Yesus, aku percaya pada-Mu.***

Sumber: www.katolikku.com

RELATED NEWS