Renungan Harian Katolik, Kamis, 16 Juni 2022: Doa 'Bapa Kami'

redaksi - Kamis, 16 Juni 2022 10:05
Renungan Harian Katolik, Kamis, 16 Juni 2022: Doa 'Bapa Kami'Ilsutrasi Injil Matius 6:9 (sumber: My Catholic Life)

Beginilah cara kamu berdoa: Bapa kami yang di surga…” Matius 6:9

Doa Bapa Kami memang merupakan ringkasan dari seluruh Injil. Disebut “Doa Bapa Kami” karena Yesus sendiri memberikannya kepada kita sebagai cara mengajar kita untuk berdoa. 

Dalam doa ini, kita menemukan tujuh permohonan kepada Tuhan. Di dalam tujuh permohonan itu kita akan menemukan setiap kerinduan manusia dan setiap ekspresi iman yang ditemukan di dalam Kitab Suci. 

Segala sesuatu yang perlu kita ketahui tentang kehidupan dan doa terkandung dalam doa yang luar biasa ini.

Yesus sendiri memberi kita doa ini sebagai model dari semua doa. Ada baiknya kita mengulangi kata-kata Doa Bapa Kami secara teratur dalam doa vokal. 

Hal ini juga dilakukan dalam berbagai sakramen dan ibadah liturgi. Namun, mengucapkan doa ini tidak cukup. Tujuannya adalah untuk menginternalisasi setiap aspek dari doa ini sehingga menjadi model permohonan pribadi kita kepada Tuhan dan penyerahan seluruh hidup kita kepada-Nya.

Landasan Doa

Doa Bapa Kami tidak dimulai dengan permohonan; sebaliknya, itu dimulai dengan kita mengakui identitas kita sebagai anak-anak Bapa. 

Ini adalah dasar kunci agar Doa Bapa Kami didoakan dengan benar. Ini juga mengungkapkan pendekatan dasar yang harus kita ambil dalam semua doa dan dalam seluruh kehidupan Kristen.

Pernyataan pembukaan sebelum tujuh petisi adalah sebagai berikut: “Bapa kami yang di Surga.” Mari kita lihat apa yang terkandung dalam pernyataan pembukaan Doa Bapa Kami ini.

Keberanian Anak

Dalam Misa, imam mengajak umat untuk berdoa Doa Bapa Kami dengan mengatakan, “Atas perintah Juruselamat dan dibentuk oleh ajaran ilahi,  maka beranilah kita berdoa:" …” 

“Keberanian” kita ini berasal dari pemahaman dasar bahwa Tuhan adalah Bapa kita. 

Setiap orang Kristen harus melihat Bapa sebagai Bapa saya. Kita harus melihat diri kita sebagai anak-anak Tuhan dan mendekati-Nya dengan keyakinan seorang anak. 

Seorang anak dengan orang tua yang pengasih tidak takut pada orang tua itu. 

Sebaliknya, anak-anak memiliki kepercayaan terbesar bahwa orang tua mereka mencintai mereka apa pun yang terjadi. 

Bahkan ketika mereka berbuat dosa, anak-anak tahu bahwa mereka masih dikasihi. Ini harus menjadi titik awal fundamental kita untuk semua doa. Kita harus mulai dengan pemahaman bahwa Tuhan mengasihi kita apa pun yang terjadi. 

Dengan pemahaman tentang Tuhan ini, kita akan memiliki semua keyakinan yang kita butuhkan untuk berseru kepada-Nya.

Abba

Menyebut Tuhan “Bapa” atau, lebih khusus lagi, “Abba” berarti kita berseru kepada Tuhan dengan cara yang paling pribadi dan intim. 

"Abba" adalah istilah sayang untuk Bapa. Ini menunjukkan bahwa Tuhan bukan hanya Yang Mahakuasa atau Yang Mahakuasa. Tuhan jauh lebih hebat dari itu. 

Tuhan adalah Bapa saya yang pengasih dan saya adalah putra atau putri terkasih Bapa.

Bapa “Kami”

Menyebut Allah sebagai Bapa “kami” mengungkapkan hubungan yang sama sekali baru sebagai hasil dari Perjanjian Baru yang didirikan di dalam darah Kristus Yesus. 

Hubungan baru ini adalah hubungan di mana kita sekarang adalah umat Tuhan dan Dia adalah Tuhan kita. Ini adalah pertukaran orang dan, oleh karena itu, sangat pribadi. 

Hubungan baru ini tidak lain adalah hadiah dari Tuhan yang kita tidak punya hak. Kita tidak berhak menyebut Allah sebagai Bapa kita. Itu adalah anugerah dan anugerah.

Rahmat ini juga mengungkapkan kesatuan kita yang mendalam dengan Yesus sebagai Anak Allah. Kita hanya dapat menyebut Allah “Bapa” sejauh kita bersatu dengan Yesus. Kemanusiaan-Nya menyatukan kita dengan-Nya dan sekarang kita berbagi dalam ikatan yang mendalam dengan-Nya.

Menyebut Allah sebagai Bapa “kita” juga mengungkapkan persatuan yang kita bagi satu sama lain. Semua yang menyebut Allah sebagai Bapa mereka dengan cara yang akrab ini adalah saudara dan saudari di dalam Kristus. 

Kita, oleh karena itu, tidak hanya sangat terhubung bersama; kita juga dimampukan untuk menyembah Tuhan bersama-sama. Dalam hal ini, individualisme ditinggalkan sebagai ganti persatuan persaudaraan. Kita adalah anggota dari satu keluarga ilahi ini sebagai karunia Allah yang mulia.

Bapa Kami yang ada di surga,Dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu.Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga.

Berilah kami rejeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin. ***

Tags Bapa KamiABBAYesusBagikan

RELATED NEWS