Renungan Harian Katolik, Minggu Paskah VI, 29 Mei 2022: Bersaksi tentang Injil

redaksi - Minggu, 29 Mei 2022 12:57
Renungan Harian Katolik, Minggu Paskah VI, 29 Mei 2022:  Bersaksi tentang InjilIlustrasi: Yesus, Firman Tuhan yang hidup (sumber: www.myccatholic-daily-reflections.com)

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Demikianlah ada tertulis bahwa Kristus akan menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga dan bahwa pertobatan, untuk pengampunan dosa, akan diberitakan dalam nama-Nya kepada semua bangsa, mulai dari Yerusalem. Anda adalah saksi dari hal-hal ini. Dan lihatlah, Aku mengirimkan janji Bapa-Ku kepadamu; tetapi tinggallah di kota itu sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.” Lukas 24:46–49

Dan dengan itu, misi duniawi Yesus selesai dan Dia naik ke Surga. Atau apakah itu? Apakah misi-Nya selesai? Ya, tetapi hanya dalam arti bahwa pekerjaan Tuhan kita untuk menghancurkan kematian dan menawarkan hidup baru diselesaikan melalui hidup, kematian, dan kebangkitan-Nya. Sifat manusia sekarang diundang untuk berbagi dalam kehidupan baru yang penuh rahmat.

Dengan penuh doa bayangkan berdiri di atas gunung Kenaikan bersama Tuhan kita. Saat Anda memandang kepada-Nya, bayangkan Anda juga hadir bersama-Nya selama pelayanan publik-Nya. 

Bayangkan menyaksikan banyak mukjizat-Nya, cara Dia mempertobatkan hati yang paling keras, otoritas yang Dia gunakan untuk berbicara, penangkapan-Nya, penyiksaan, kematian dan kemudian Kebangkitan-Nya. 

Bayangkan melihat tangan dan kaki-Nya, yang dulu ditusuk, sekarang memancarkan kemuliaan dari luka-luka itu. Saat Anda melihat Tuhan kita dengan cara ini, bayangkan Dia melihat Anda dengan cinta dan berkata kepada Anda bahwa Dia telah memilih untuk mengirim Anda ke dunia untuk menjadi saksi bagi-Nya dan untuk semua yang telah Anda lihat dan temui. 

Anda harus pergi membagikan Kabar Baik tentang kehidupan, kematian, dan kebangkitan-Nya dengan semua orang yang berhubungan dengan Anda.

Pertama, Tuhan kita memang telah berbagi seluruh hidup-Nya dengan Anda. Dengan membaca Injil, Anda menjadi saksi langsung atas semua yang Yesus lakukan dan selesaikan. 

Firman-Nya hidup, dan itu mengungkapkan Pribadi-Nya kepada Anda, sama seperti yang terjadi pada para pengikut-Nya yang pertama. Kedua, Yesus memang memanggil Anda untuk pergi dan membagikan Injil yang hidup ini kepada dunia. 

Oleh karena itu, penting untuk merenungkan bagaimana Anda dapat melakukan hal seperti itu. Bagaimana Anda dapat memberikan kesaksian tentang Kebangkitan Kristus? Bagaimana Anda bisa mengubah hidup? Bagaimana Anda dapat melanjutkan misi Yesus sendiri?

Janji yang diberikan oleh Tuhan kita kepada para murid di gunung Kenaikan juga merupakan janji yang diberikan kepada Anda. Dia berjanji untuk mengirimkan Roh Kudus ke atas Anda untuk memberi Anda “kuasa dari tempat tinggi.”

 Hanya dengan menerima kekuatan itu dan menggunakannya sepenuhnya, Anda akan dapat menyelesaikan misi yang telah diberikan Tuhan kita kepada Anda. Karena itu, maukah Anda membuka diri kepada Roh Kudus dan berkomitmen pada kelanjutan misi Kristus?

Jika kita benar-benar memahami misi yang telah kita terima dari Yesus, itu akan memenuhi kita dengan ketakutan yang kudus. Tetapi terlalu sering realisasi dari apa yang Tuhan inginkan dari kita malah mengisi kita dengan ketakutan yang tidak suci. 

Kita berpikir tentang menginjili orang lain, membagikan iman kita, bersaksi tentang kebenaran melalui tindakan kita, mencintai musuh kita dan hidup untuk Injil saja, dan itu bisa tampak luar biasa. 

Jika demikian halnya dengan Anda, ketahuilah bahwa bentuk ketakutan yang tidak suci ini dapat dihilangkan sehingga karunia ketakutan yang suci dapat menggantikannya. Takut akan kudus adalah karunia Roh Kudus yang mengilhami kita untuk merasakan kedahsyatan Tuhan dan misi yang diberikan kepada kita dengan menghadapinya secara langsung. Itu memotivasi kita, mendorong kita dan membuat kita heran dan kagum. Dari sana, karunia ini dan setiap karunia Roh Kudus lainnya memampukan kita untuk menggenapi misi Kristus yang tak berkesudahan.

Renungkan, hari ini, pada misi khusus yang telah Tuhan berikan kepada Anda. Dengan penuh doa pandanglah Yesus saat Dia berdiri di atas gunung Kenaikan dan menatap Anda. 

Saat Dia melakukannya, biarkan Dia mengungkapkan kepada Anda tidak hanya Pribadi-Nya, tetapi juga bagian khusus Anda dalam misi berkelanjutan-Nya untuk membagikan Kabar Baik ke ujung bumi. 

Terima misi itu dengan keberanian, kegembiraan dan ketakutan suci. Hormati, nikmati, renungkan, dan terima. Komit diri Anda untuk berbagi mulia dalam kehidupan Kristus dengan berkomitmen untuk menjadi saksi Kristus sampai akhir hidup Anda di bumi.

Tuhanku yang telah naik, saat Engkau memasuki tubuh dan jiwa ke dalam hadirat penuh dan mulia dari Bapa-Mu, Engkau menyerahkan tugas kepada murid-murid-Mu untuk menyelesaikan misi-Mu di bumi. 

Saya mendengar panggilan Anda dalam hidup saya, Tuhan terkasih, dan berkomitmen pada tugas mulia untuk melanjutkan misi itu di bumi. Tolong gunakan saya seperti yang Anda kehendaki dan penuhi saya dengan kekuatan dari tempat tinggi sehingga saya dapat membantu membagikan Firman-Mu yang menyelamatkan sampai ke ujung bumi. Yesus, aku percaya pada-Mu. (Sumber: My Catholic Life). ***

RELATED NEWS