Renungan Harian Katolik, Rabu Paskah VI, 25 Mei 2022: Roh Kebenaran

redaksi - Selasa, 24 Mei 2022 21:32
Renungan  Harian Katolik, Rabu Paskah VI, 25 Mei 2022: Roh KebenaranIlustrasi: Yesus menjanjikan Roh Kudus, Rh Kebenaran kepada muri-muridNya. (sumber: My Catholic Life)

Yesus berkata kepada murid-muridnya, ”Masih banyak yang ingin kukatakan kepadamu, tetapi kamu tidak dapat menanggungnya sekarang. Tetapi ketika dia datang, Roh kebenaran, dia akan membimbing Anda ke semua kebenaran.  Yohanes 16:12–13

Saat kita semakin dekat dengan Hari Raya Pentakosta yang indah, kita terus berfokus pada Roh Kudus. Perikop ini secara khusus menunjuk pada Roh Kudus sebagai “Roh Kebenaran.”  

Sangat menarik bagaimana Yesus memperkenalkan Roh Kudus dengan judul ini. Dia menjelaskan bahwa Dia memiliki lebih banyak untuk memberitahu mereka, tetapi mereka tidak tahan sekarang. 

Dengan kata lain, "Kebenaran" terlalu berat untuk mereka tanggung kecuali Roh Kudus hidup di dalam diri mereka dan mengajar mereka. Ini memberi kita dua wawasan luar biasa yang patut direnungkan.

Pertama, jika kita belum benar-benar membuka hidup kita terhadap kuasa dan hadirat Roh Kudus, kita dapat yakin bahwa kita tidak dapat menanggung Kebenaran. 

Kita tidak dapat memahami kebenaran Allah yang dalam dan kita tidak dapat mempercayainya kecuali Roh Kudus hidup di dalam kita. Itu adalah pemikiran yang menakutkan bahwa, ketika Roh Kudus tidak sepenuhnya membenamkan seseorang, orang itu dibiarkan dalam kegelapan tentang semua Kebenaran. 

Dan, sayangnya, mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka berada dalam kegelapan!

Jika itu tidak masuk akal maka mungkin Anda juga, sedikit menderita karena kekurangan Roh Kebenaran. Mengapa? Karena ketika Roh Kebenaran hidup di dalam, Anda akan tahu bahwa Anda mengetahui Kebenaran.  

Kedua, ketika Anda telah sepenuhnya membuka pikiran dan hati Anda kepada Roh Kudus, Anda akan menjadi lapar akan Kebenaran. Roh Kudus akan “membimbing kamu kepada seluruh kebenaran.” 

Dan salah satu efek dari dibimbing ke dalam semua kebenaran adalah Anda akan takjub dengan perjalanannya. Anda akan kagum pada pemahaman tentang hal-hal yang terbuka di pikiran Anda. 

Anda akan dapat memahami berbagai hal dengan cara baru. Roh Kudus adalah “pembimbing” yang sempurna dan perjalanan menuju Kebenaran itu mulia.

Renungkan, hari ini, atas Kebenaran yang ada dalam pikiran Bapa di Surga. Seberapa terbuka Anda terhadap Kebenaran? Seberapa penuh Anda merangkul semua yang Tuhan ingin nyatakan kepada Anda? 

Buka diri Anda lebih penuh kepada Roh Kudus dan carilah semua yang Dia ingin ungkapkan kepada Anda.

Roh Kudus, datanglah konsumsi hidupku. Ajari aku dan bimbing aku ke dalam semua Kebenaran. Roh Kudus, Tuhan Ilahi, Bapa yang Penyayang, aku percaya kepada-Mu.*  (Sumber: My Catholic Life). ***

RELATED NEWS