Renungan Harian Katolik, Rabu Pekan Biasa XII, 22 Juni 2022: Menghasilkan Buah Yang Baik

redaksi - Rabu, 22 Juni 2022 08:14
Renungan Harian Katolik, Rabu Pekan Biasa XII, 22 Juni 2022: Menghasilkan Buah Yang BaikIlustrasi Inji Matius 7:15-16 (sumber: My Catholic Life)

“Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar sebagai domba, tetapi di bawahnya ada serigala-serigala yang rakus. Dari buahnya kamu akan mengenal mereka. Apakah orang memetik buah anggur dari semak berduri, atau buah ara dari rumput duri?” Matius 7:15-16

Jawaban yang jelas untuk pertanyaan Yesus ini adalah “Tidak, orang tidak memetik buah anggur dari semak berduri.” Dengan kata lain, orang jahat tidak bisa menghasilkan buah yang baik.

Pernyataan dari Tuhan kita ini dapat memberi kita banyak bimbingan dalam bidang penegasan. Pertama-tama, penting untuk menyadari fakta yang sangat sederhana bahwa “nabi palsu” memang ada. Ini dapat dipahami sebagai siapa saja yang secara aktif menyesatkan orang lain dengan kedok berbuat baik. 

Beberapa orang mungkin melakukan ini tanpa sadar, tetapi biasanya orang yang bertindak sebagai serigala berbulu domba melakukannya dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan diri sendiri. 

Keuntungan mementingkan diri sendiri yang menjadi motivasi mereka dapat berupa banyak hal, tetapi prinsip dasar keegoisan biasanya berlaku.

Sebagai contoh sekuler, ambillah seorang penjual mobil bekas yang dengan menipu memberi tahu calon pembeli mobil bahwa mobil tertentu sangat bagus, padahal penjual tersebut benar-benar mengetahui bahwa mobil tersebut memiliki masalah mekanis yang serius. 

Tujuannya adalah penjualan mobil untuk keuntungan egois dengan sedikit peduli tentang kerugian yang terjadi pada pembeli yang tidak terduga.

Demikian pula, banyak dari kita mungkin tergoda untuk "membicarakan manis" orang atau mengatakan apa yang kita pikir ingin didengar orang lain untuk membuat mereka melakukan apa yang kita inginkan. Ini menipu dan menyesatkan.

Ketika berbicara tentang penegasan, kunci yang Yesus berikan kepada kita adalah melihat buah dari apa yang dikatakan atau dilakukan seseorang. 

Mau tidak mau, ketika sesuatu itu datang dari Hati Tuhan kita dan sesuai dengan kehendak-Nya, maka buahnya akan baik. Tetapi ketika itu menipu atau menyesatkan, terselubung dalam “kebaikan” yang dangkal, hasil akhirnya, buah yang lahir, paling-paling hanyalah anggur asam.

Renungkan, hari ini, atas apa pun dalam hidup Anda yang sedang Anda coba putuskan atau cermati. Jika Anda benar-benar ingin mengetahui kehendak Tuhan dalam keputusan Anda sehari-hari, cobalah untuk melihat melampaui pilihan langsung terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh pilihan ini di kemudian hari. 

Jika Anda dengan tulus melihat kebaikan sebagai hasil dari pilihan tertentu, ketahuilah bahwa ini adalah pertanda baik bahwa itu baik dan dari Tuhan. 

Jika Anda melihat efek negatif dari keputusan tertentu, menghasilkan buah yang buruk, maka itu pertanda baik bahwa keputusan yang Anda renungkan bukan berasal dari Tuhan. Pilih buah yang baik dan Anda akan memilih kehendak Tuhan.

Tuhan kesuburan sejati, beri aku rahmat untuk membedakan kehendak suci-Mu dalam hidupku. Tolonglah aku, khususnya, untuk melihat buah baik yang datang sebagai hasil dari mengikuti-Mu selalu. Saat Anda menghasilkan buah yang baik dalam hidup saya, Tuhan yang terkasih, bantu saya untuk terus menyusuri jalan suci itu menuju kelimpahan setiap pemberian yang baik. Yesus, aku percaya pada-Mu.

Sumber: My Catholic Life

RELATED NEWS